Baru Mulai Berolahraga? Ini Tips Supaya Tidak Pegal Linu

Baru Mulai Berolahraga? Ini Tips Supaya Tidak Pegal Linu

04-November-2020
Share

Dalam hal apapun, perubahan bukanlah hal yang mudah, termasuk juga perubahan untuk memulai kebiasaan berolahraga. Namun salah satu tantangan yang kerpan membuat Anda patah semangat (bahkan mundur teratur!) adalah pegal linu yang dirasakan setelah berolahraga. Oleh karena itu, simak tips supaya tidak pegal linu, untuk Anda yang baru mulai berolahraga!

Pemanasan

Jangan sepelekan pemanasan ya! Hal ini sangat penting dilakukan. Bahkan para atlet profesional pun tidak akan melewatkan pemanasan. Pemanansan bisa membantu melenturkan otot sehingga tidak kaget ketika digunakan untuk berolahraga. Risiko nyeri otot pun bisa diminimalisir. Harap diingat agar Anda tidak melakukan pemanasan dengan asal-asalan, ikuti panduan pemanasan dari pelatih atau video panduan berolahraga. Sesuaikan dengan jenis olahraga yang Anda lakukan. Tidak perlu waktu lama untuk pemanasan, namun yang penting lakukan dengan tepat setidaknya selama 10 menit.

Perlengkapan yang sesuai

Baik itu pakaian olahraga, sepatu, ataupun perlengkapan pendukung lainnya, sebaiknya persiapkan sesuai kebutuhan. Menggunakan perlengkapan yang tidak tepat bukan hanya membuat Anda tidak nyaman selama berolahraga, tetapi juga meningkatkan kemungkinan pegal linu hingga cedera. Misalnya jika Anda hendak melakukan olahraga lari—pilihlah sepatu lari yang sesuai.

Anti dehidrasi

Mencukupi kebutuhan minum saat berolahraga sangatlah penting. Pasalnya, selama berolahraga cairan dalam tubuh keluar lebih banyak dari biasanya melalui keringat. Tentunya, cairan yang keluar ini harus digantikan dengan cara banyak mengonsumsi air putih. Jangan sampai dehidrasi ya! Selin bis bikin tubuh lemas, metabolisme terganggu, otot kaku dan tubuh lebih muah pegal linu.

Jangan memaksakan diri

Jika sebelumnya Anda jarang atau tidak berolahraga, maka jangan terlalu ambisius dulu! Buatlah target secara bertahap sesuai kapasitas Anda. Seiring tubuh yang mulai terbiasa berolahraga, stamina Anda akan semakin meningkat dan bisa menaikkan frekuensi dan durasi olahraga secara bertahap. Ini artinya Anda memahami kemampuan diri sehingga tubuh tidak ‘kaget’ yang akhirnya menyebabkan pegal linu.

Tidak menyerah

Terlalu ambisius saat mulai berolahraga  memang dilarang. Akan tetapi, mudah menyerah pun tidak dibenarkan ya! Awal berolahraga Anda mungkin akan mengalami pegal linu yang sebelumnya tidakpernah Anda rasakan, itu wajar kok. Selama dilakukan dengan cara yang benar, pegal linu tersebut hanyalah reaksi tubuh saat menyesuaikan diri dengan kegiatan baru ini. Jadi jika Anda merasa pegal linu, jangan kapok! Lanjutkan lagi keesokan harinya dan jadikan olahraga sebagai rutinitas. Lambat laun Anda akan terbiasa dan tidak lagi merasa pegal linu berlebih!

Untukt meredakan pegal linu, Anda juga bisa mengonsumsi NEO rheumacyl Oralinu. Obat herbal yang mengandung berbagai macam tanaman herbal yang efektif meredakan nyeri sendi, pegal linu, nyeri akibat encok dan sakit otot pinggang. NEO rheumacyl Oralinu dikemas dalam sachet sehingga praktis dikonsumsi dimana saja dan kapan saja.

Related Article

SENDI

Mulai Ikutan Tren Sepeda? Ini Tips untuk Atasi Pegal Linu Setelah Gowes

Bukan hanya ketika Anda sedang melaju dengan sepeda, tetapi juga setelah Anda selesai bersepeda. Berikut ini adalah tips untuk atasi ...

Read More

SENDI

Bagaimana Membedakan Radang Sendi dan Pegal Linu?

Nyeri ataupun pegal, seringkali dianggap sama dan diatasi dengan cara yang serupa.Apapun itu, tidak boleh disepelekan dan cara penangannya pun ...

Read More

SENDI

Bangun Tidur Kok Malah Pegal Linu? Mungkin Ini Penyebabnya...

Harapannya, tubuh akan terasa lebih segar setelah bangun tidur. Kenyataannya? Sekujur tubuh malah pegal linu! Kira-kira apa ya penyebabnya dan ...

Read More