blog 1

ARTIKEL

Untuk membantu menghilangkan pegal di kaki dan paha akibat naik turun tangga, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan.

Tips Menghilangkan Pegal di Kaki dan Paha Akibat Naik Turun Tangga

Bisa dibilang bahwa rutinitas harian kita tidak luput dari aktivitas naik turun tangga. Meski naik turun tangga bisa dijadikan sebagai salah satu latihan fisik yang baik, sayangnya bagi sebagian orang justru bisa menjadi penyebab pegal dan kelelahan pada bagian kaki dan paha. Pegal ini seringkali disebabkan oleh beban berulang pada otot-otot kaki saat menahan tubuh kita ketika naik dan menuruni tangga. Untuk membantu menghilangkan pegal di kaki dan paha akibat naik turun tangga, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan.

1. Memilih sepatu yang tepat

Memilih sepatu yang nyaman dan mendukung dapat membantu mengurangi tekanan pada kaki dan paha. Pastikan sepatu memberikan penyangga yang baik dan cocok dengan bentuk kaki Anda.

2. Berjalan dengan langkah yang stabil

Saat menaiki atau menuruni tangga, pastikan langkah Anda stabil. Hindari langkah yang terlalu besar atau terlalu kecil, dan gunakan pegangan tangga jika perlu untuk menjaga keseimbangan.

3. Istirahat sesekali

Jika Anda merasa pegal atau lelah, beri diri Anda waktu untuk istirahat sejenak saat naik atau turun tangga. Coba duduk atau berdiri dengan menggerakkan berat badan dari satu kaki ke kaki lainnya dapat membantu meredakan kelelahan.

4. Kompres dingin atau panas

Jika Anda merasa sangat pegal, coba lakukan kompres dingin menggunakan es pada area yang terasa sakit selama 15-20 menit. Alternatifnya, penggunaan kompres hangat juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi ketegangan otot.

5. Pijatan atau terapi otot

Memberikan pijatan pada otot-otot yang pegal dapat membantu mengurangi ketegangan dan meningkatkan sirkulasi darah, terutama di bagian paha dan lutut. Gunakan bola pijat atau oleskan NEO rheumacyl EUCALYPTUS CREAM Tube sambil memberikan pijatan ringan untuk meredakan kekakuan otot.

NEO rheumacyl EUCALYPTUS CREAM Tube diformulasikan sebagai krim untuk membantu meredakan pegal-pegal, nyeri sendi, nyeri otot, membantu meredakan gejala masuk angin, perut kembung, hingga sakit kepala. Hangatnya pas, krimnya cepat meresap, dan dilengkapi aroma relaksasi yang menenangkan. Agar lebih optimal, simak cara memijat bagian lutut dan paha yang pegal akibat naik turun tangga berikut ini.

  • Duduk sambil meluruskan kedua kaki, kemudian mengepalkan kedua tangan dan memukul perlahan paha bagian atas, tengah, dan bawah sebanyak 10 kali.
  • Setelah itu, lanjutkan dengan menggunakan empat jari tangan (kecuali jempol) untuk mengetuk lutut dari atas ke bawah sebanyak 10 kali secara perlahan.
  • Terakhir, letakkan kedua telapak tangan di atas paha, lakukan gerakan memijat di bagian paha dan lutut kemudian kembali lagi ke paha dengan memberikan sedikit tekanan saat memijat.

6. Melakukan gerakan peregangan

Selain memberikan pijatan ringan, melakukan gerakan peregangan secara rutin juga bisa mempercepat proses pemulihan lutut yang sakit. Caranya adalah dengan mengambil posisi berdiri tegak dan lakukan gerakan peregangan berikut ini.

  • Mengangkat betis, yaitu memulainya dengan berdiri sambil membuka kedua kaki selebar bahu, kemudian mengangkat tumit sehingga Anda berdiri di atas jari kaki sebagai tumpuannya. Tahan selama 10 detik, turunkan tumit, dan lakukan secara berulang.
  • Setengah squat, caranya hampir sama dengan squat pada umumnya yaitu berdiri sambil membuka kedua kaki selebar pinggul dengan jari kaki menghadap ke depan. Namun, pada setengah squat ini Anda cukup menurunkannya sebatas pinggul saja sambil mengencangkan otot perut. Lakukan selama 10 kali secara perlahan untuk membantu menguatkan otot lutut.

Artikel Lainnya: Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Kesemutan di Kaki yang Sering Terjadi

SHARE ON :