Cara Menyembuhkan Badan yang Pegal Akibat Terlalu Sering Menggendong Anak

Cara Menyembuhkan Badan yang Pegal Akibat Terlalu Sering Menggendong Anak

19-February-2021
Share

Meski terlihat mudah, namun tahukah Anda bahwa terlalu sering menggendong anak merupakan salah satu faktor pemicu timbulnya rasa pegal di beberapa tubuh, seperti pundak, punggung, dan juga lengan. Bahkan tak jarang juga kalau rutinitas ini juga bisa membuat tubuh terlihat bungkuk. Untuk itu, mengetahui cara menyembuhkan badan yang pegal adalah hal yang penting. Tujuannya adalah untuk mencegah peradangan otot akibat otot tubuh yang bekerja lebih keras dan menjadi tegang. Kira-kira apa saja, ya?

Olahraga Tipis-tipis

Selain badan terasa pegal, menggendong anak di salah satu sisi tubuh saja tentu membuat postur tubuh menjadi tidak seimbang. Namun tak perlu khawatir, cara menyembuhkan badan pegal akibat terlalu sering menggendong anak adalah dengan melakukan beberapa gerakan peregangan seperti:

  • Planking, yaitu salah satu gerakan olahraga yang dikenal efektif memperbaiki postur tubuh bungkuk dengan cara menguatkan otot inti tubuh hingga dapat membentuk perut sixpack. Cara melakukannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu melakukan posisi push up dengan dengan tangan posisi lurus lalu di bawah sejajar dengan bahu Anda. Kemudian, turunkan lengan hingga membentuk sudut 90 derajat dan bertumpu pada siku di bawah dan sejajar dengan bahu. Tahan tubuh Anda hingga membentuk garis horizontal selama satu menit dan lakukan gerakan ini sebanyak tiga kali.
  • Cobra Pose atau memosisikan tubuh seperti ular kobra. Posisi yang satu ini sangat baik untuk mengembalikan bentuk tulang punggung yang membungkuk, menguatkan tulang belakang, dan juga mengecilkan perut. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengambil posisi tengkurap, angkat bagian atas tubuh Anda secara perlahan dengan menggunakan bantuan tangan. Busungkan dada ke depan dan kemudian arahkan pandangan Anda ke depan dan perlahan arahkan kepala menghadap atas, tahan selama satu menit. Lakukan gerakan ini beberapa kali untuk membuat otot punggung terasa lebih rileks.

Sebelum melakukan gerakan di atas, pastikan untuk tidak melewatkan gerakan pemanasan dan pendinginan, ya! Pemanasan dilakukan untuk membantu melenturkan otot sehingga tidak kaget saat mulai berolahraga dan risiko nyeri otot pun bisa diminimalisir. Untuk gerakannya sendiri, Anda bisa menyesuaikan dengan jenis olahraga yang dipilih. Tak perlu waktu lama, lakukan gerakan pemanasan dengan tepat setidaknya selama 10 menit, ya. Sama pentingnya dengan pemanasan, pendinginan juga tidak boleh Anda lewatkan setelah berolahraga. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya cidera tubuh, memperlancar aliran darah, mengganti sel-sel otot yang rusak, dan mempercepat penyembuhan jaringan otot. Oleh karena itu, ada baiknya untuk selalu meluangkan waktu untuk melakukan pendinginan seperti berjalan kaki dan beberapa gerakan peregangan tubuh setidaknya selama lima menit setelah berolahraga.

Memenuhi Kebutuhan Air Mineral

Menggendong anak layaknya olahraga yang banyak membuat cairan tubuh keluar melalui keringat. Saat tubuh kekurangan cairan, hal ini akan menyebabkan kita merasa kelelahan dan memicu timbulnya rasa pegal di beberapa bagian tubuh. Oleh karena itu, pastikan untuk mencukupi kebutuhan air minum yang cukup setiap harinya untuk menggantikan cairan tubuh yang terbuang. Dengan begini, rasa pegal bisa teratasi dan Anda pun bisa terhindar dari dehidrasi.

Mandi Air Dingin atau Hangat

Cara menyembuhkan badan yang pegal selanjutnya adalah dengan mandi air dingin setelah melakukan aktivitas berat, seperti menggendong anak dalam waktu yang lama. Tujuannya adalah untuk mempercepat penyembuhan otot, mencegah peradangan otot, dan juga meminimalisir nyeri otot di keesokan harinya. Namun, Anda juga bisa memilih untuk mandi dengan air hangat lho, tujuannya adalah untuk membuat otot kembali rileks sehingga bisa tidur dengan lebih nyenyak di malam hari.

Memijat Tubuh

Anda juga bisa memijat tubuh sebagai salah satu cara menyembuhkan badan pegal setelah menggendong anak. Lakukan pijatan ini setidaknya selama satu jam untuk mengurangi peradangan pada otot, mengembalikan kelenturan tubuh, dan juga mengurangi rasa lelah yang muncul setelah melakukan aktivitas yang cukup berat. Pastikan untuk mendapatkan pijatan ini dari ahlinya, ya!

Minum Obat Pegal Linu

Cara paling cepat untuk menyembuhkan pegal setelah menggendong anak dalam waktu yang cukup lama adalah dengan minum obat pereda pegal linu seperti NEO rheumacyl Tablet yang bisa didapatkan secara online di Tempo Store Official melalui Ecommerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia, Blibli,Lazada.

Selain kemasan tablet praktis yang memungkinkan bagi Anda untuk membawanya saat berolahraga, kandungan Formula aktif Paracetamol dan Ibuprofen dalam NEO rheumacyl Tablet  juga sudah teruji sejak lama mampu meredakan pegal linu yang muncul setelah beraktivitas. Nah, sekarang tak perlu khawatir badan pegal akibat menggendong anak, bukan?

Related Article

OTOT

Inilah 3 Asupan Makanan yang Penting untuk Kesehatan Otot dan Sendi!

Selain dengan berolahraga dan mencukupi kebutuhan istirahat, pola hidup sehat lain yang bisa kita lakukan adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi ...

Read More

OTOT

Sering Nyeri Otot Bikin Parno? Atasi dengan Kebiasaan Sehat Berikut!

Keluhan nyeri otot seringkali dianggap sepele, padahal masalah ini sangat mengganggu, apalagi jika sering terjadi berulang kali. Wajar jika nyeri ...

Read More

OTOT

Tidak Perlu ke Luar Rumah, Solusi mandiri atasi Nyeri Otot dan Sendi

Bagaimana jika berada di rumah Anda mengalami masalah nyeri otot? Sedangkan situasinya belum memungkinkan untuk memanggil terapis dengan leluasa. Lantas ...

Read More