Mengenal Carpal Tunel Syndrom, Penyakit yang Ditandai dengan Nyeri, Kebas, dan Kesemutan Pada Jari Tangan

Mengenal Carpal Tunel Syndrom, Penyakit yang Ditandai dengan Nyeri, Kebas, dan Kesemutan Pada Jari Tangan

17-November-2020
Share

Pernah atau bahkan sering mengalami nyeri, kebas, dan kesemutan di sekitar pergelangan tangan hingga jari-jari tangan. Hati-hati, bisa jadi itu adalah pertanda sindrom carpal tunnel.

Sindrom carpal tunnel (sindrom lorong karpal) adalah adalah sebuah kondisi mati rasa, kesemutan, kelemahan, dan masalah lain di tangan Anda karena tekanan pada saraf median di pergelangan tangan Anda. Saraf median dan beberapa tendon terhubung dari lengan bawah ke tangan Anda melalui ruang kecil di pergelangan tangan Anda yang disebut carpal tunnel. Saraf median tersebut mengendalikan gerakan dan perasaan di empat jari Anda kecual jari kelingking.

Sindrom ini disebabkan oleh tekanan yang terus menerus pada saraf median. Tekanan ini berasal dari pembengkakan atau apapun yang membuat carpal tunnel lebih kecil dari seharusnya. Banyak hal yang bisa menyebabkan pembengkakan ini, diantaranya penyakit hipotiroidisme, rheumatoid arthritis, dan diabetes. Selain itu jika Anda sering membuat gerakan tangan atau pergelangan yang sama dan berulang-ulang, maka Anda lebih berpotensi mengalami sindrom ini. Wanita yang sedang hamil pun kerap mengalami masalah kesehatan satu ini.

Menanggulangi Carpal Tunnel

Lantas, apa yang harus dilakukan apabila Anda mengalami gejala sindrom carpal tunnel? Salah satu cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi sindrom carpal tunnel adalah menghentikan aktivitas atau kebiasaan yang memicu munculnya sindrom tersebut. Kemudian kompres pergelangan tangan Anda dengan es selama 15 menit setiap beberapa jam. Olahraga secara teratur juga bisa membuat tubuh lebih lentur sehingga tidak mudah mengalami sindrom ini. Namun hindari gerakan olahraga yang memberatkan atau bertumpu pada pergelangan tangan seperti melempar bola, mengangkat beban, dan headstand.

Untuk mengurangi frekuensi sindrom carpal tunnel, lakukan kegiatan sederhana yang bisa melenturkan saraf otot di bagian pergelangan, telapak, dan jari-jari tangan. Misalnya saja, Anda bisa melatihnya dengan meremas stress ball. Penuhi kebutuhan vitamin B1, B6, dan B12 yang baik untuk menjaga kesehatan saraf sekaligus mengatasi kram dan kesemutan dengan mengonsumsi NEO rheumacyl NEURO yang juga mengandung analgesic (ibuprofen).  Jika dalam 5 hari pemakaian, kondisi tidak membaik maka dianjurkan untuk pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

Dapatkan produknya di Tempo Store Official melalui e-commerce kesayangan seperti ShopeeTokopediaBlibli & Lazada sekarang juga!

Related Article

SARAF OTOT

Penyebab Kaki Terasa Kram Kesemutan yang Seringkali Diabaikan

Anda tentunya pernah merasakan kesemutan pada kaki. Kesemutan biasanya terjadi saat Anda terlalu lama duduk bersila atau duduk dengan menekuk ...

Read More

SARAF OTOT

Sering Merasa Kram, Kebas, dan Kesemutan? Hati-hati, Mungkin Penyakit ini Penyebabnya

Kesemutan yang berlangsung singkat berbeda dengan kesemutan kronis atau yang sifatnya sering kambuh. ...

Read More

SARAF OTOT

Jarang Disadari, 4 Kebiasaan Ini Adalah Penyebab Jari Tangan Terasa Kram, Kebas dan Kesemutan

Jari tangan yang terasakram,kebas, dam kesemutan seringkali muncul secara tiba-tiba dan menghilang begitu saja tanpa Anda ketahui penyebabnya. ...

Read More