Trik Bawa Tas Biar Nggak Bikin Nyeri Otot

Trik Bawa Tas Biar Nggak Bikin Nyeri Otot

07-March-2017
Share

Sering merasa sakit di bagian punggung, bahu, dan leher setiap kali membawa tas? Jangan anggap sepele. Awalnya mungkin hanya pegal biasa, namun jika didiamkan, bisa menyebabkan sakit yang lebih serius bahkan gangguan tulang belakang. Sebelum tubuh Anda jadi cedera, sebaiknya lakukan trik membawa tas yang baik dan benar berikut ini.

Berat Maksimal
Saat membawa tas beserta isinya, pastikan Anda tidak membawa beban lebih dari batas maksimal yang dianjurkan. Batasan beban yang boleh ditanggung oleh tubuh Anda adalah 15% dari berat badan. Maka jika berat badan Anda 50 kg, maka Anda hanya boleh membawa beban maksimal 8kg. Mungkin saja Anda merasa masih kuat membawa beban lebih banyak, akan tetapi jika lebih dari batasan, maka kemungkinan tubuh terasa sakit dan nyeri otot akan lebih besar.

Utamakan Ransel
Jenis tas yang dianggap paling baik dan bersahabat dengan tubuh adalah jenis tas ransel. Jika memungkinkan, gunakan jenis tas ini dalam berbagai kesempatan khususnya jika Anda membawa banyak bawaan.  Tas ransel memiliki straps ganda sehingga membuat bahu dan tubuh secara keseluruhan lebih seimbang ketika membawa beban.

'Straps' Tebal
Apapun jenis tasnya—ransel, sling bag, shoulder bag—usahakan pilih yang memiliki model straps tebal. Dengan begitu, beban akan terdistribusi ke area yang lebih lebar. Cara ini dapat melindungi saraf halus di sekitar leher hingga lengan Anda, yang merupakan bagian tubuh yang mudah mengalami cedera.

Tukar Posisi
Saat membawa shoulder bag atau sling bag, jangan membawanya terus menerus di sisi yang sama. Misalnya, setengah jam pertama, letakkan straps di bahu sebelah kanan. Lalu di setengah jam berikutnya, ganti posisi ke bahu sebelah kiri. Terus ulangi pergantian posisi ini agar beban tidak bertumpu di salah satu sisi saja.

Bagi Bawaan
Jika barang bawaanmu memang banyak, jangan membawanya dalam satu tas (meskipun volume tas tersebut masih cukup).  Lebih baik bagilah bawaan ke dalam beberapa tas; satu ransel dan dua tote bag, atau satu shoulder bag dan sebuah tote bag. Membagi beban barang bawaan ke dalam beberapa tempat juga dapat mengurangi risiko nyeri otot.

Atur Posisi Barang
Saat packing, letakkan barang yang paling berat di bagian dasar tas, baru kemudian barang-barang lainnya. Atur pula straps tas ransel Anda menjadi lebih pendek sehingga tas dalam posisi melekat pada punggung. Cara ini menghindari risiko cedera dan berubahnya postur tulang belakang Anda.

Atasi Nyeri Otot
Membawa tas terlalu berat atau salah posisi akan menyebabkan rasa nyeri di bagian otot tengkuk dan pundak. NEO rheumacyl Neck and Shoulder memberikan solusi untuk meredakan nyeri otot pada bagian tersebut. Dengan kandungan menthol dan eucaplyptus (kayu putih) dan aroma yang lembut efek aroma terapi, NEO rheumacyl Neck & Shoulder memberikan kehangatan dan relaksasi.

Related Article

OTOT

Hati-hati, Ini 3 Kebiasaan yang Salah Setelah Berolahraga yang Memicu Nyeri Otot dan Sendi

Meski olahraga sedang menjadi tren saat ini, namun tak jarang juga yang masih malas untuk melakukannya karena takut mengalami nyeri ...

Read More

OTOT

Bagaimana Cara Mempercepat Proses Penyembuhan Lutut yang Sakit?

Lalu, bagaimana cara mempercepat proses penyembuhan lutut yang sakit? Simak penjelasannya berikut ini. ...

Read More

OTOT

Sakit Punggung dan Badan Kaku Setiap Bangun Tidur? Atasi dengan Cara Ini!

Jika iya, jangan sepelekan keluhan sakit punggung dan badan kaku yang Anda alami saat bangun tidur. Yuk, segera cari tahu ...

Read More