Sering Diabaikan, Ternyata Mengonsumsi Makanan Ini Bisa Jadi Cara Mengatasi Pegal Linu

Sering Diabaikan, Ternyata Mengonsumsi Makanan Ini Bisa Jadi Cara Mengatasi Pegal Linu

23-December-2020
Share

Bagi sebagian orang, ada makanan tertentu yang seringkali diabaikan karena rasanya yang “aneh” atau tidak sesuai dengan seleranya tanpa tahu manfaat yang terkandung di dalamnya, terutama untuk kesehatan tubuh. Seperti beberapa makanan berikut ini yang ternyata bisa Anda konsumsi untuk mengatasi pegal linu yang seringkali dirasakan akibat aktivitas yang cukup berat. Apa saja, ya?

Bayam

Meski dikenal sebagai sayuran hijau yang kaya akan kandungan zat besi, antioksidan, dan asam nitrat yang baik untuk membangun jaringan otot agar lebih kuat, namun tak jarang juga yang tidak menyukai sayur bayam. Alasan yang paling banyak muncul: tidak enak dan aroma atau rasanya yang aneh. Well, mungkin ini karena cara pengolahannya yang kurang tepat. Untuk dapat menikmati sayur bayam, simak beberapa hal berikut ini.

  • Mengetahui jenis bayam: bayam merah, bayam cabut (untuk tumisan dan kuah), bayam petik (untuk dibuat keripik karena bentuk daunnya yang lonjong, lebar, dan lebih tebal) dan bayam bayi (baby spinach). Jenis bayam yang berbeda, makan berbeda pula cara mengolahnya untuk mendapatkan rasa yang lezat.
  • Jangan dimasak terlalu lama, karena selain bisa membuat teksturnya terlalu lembek, memasak dalam waktu yang lama juga bisa mengurangi nutrisi yang terkandung dalam bayam. Tahukah Anda bahwa hanya dengan merendam bayam dalam air panas selama 30 detik juga sudah bisa dikonsumsi, lho.
  • Segera konsumsi dan habiskan sayur bayam setelah dimasak. Menyimpan sayur bayam terlalu lama akan mengubah kandungan zat besi menjadi racun dan memicu penyakit kanker, hal ini bisa terlihat saat sayur bayam berubah warna menjadi kehitaman lima jam setelah dimasak.

Dengan mengonsumsi sayur bayam secara rutin dan tepat pengolahannya, hal ini bisa membantu menjaga kekuatan otot tubuh, sehingga keluhan pegal linu pun juga bisa berkurang. Namun, pastikan juga untuk mengimbanginya dengan olahraga serta istirahat yang cukup, ya.

Wedang Jahe

Memiliki rasa yang pedas, aroma yang cukup kuat, dan memberikan sensasi hangat di tenggorokan membuat tanaman herbal jahe sebagai salah satu bahan alami yang banyak dihindari oleh beberapa orang. Padahal, begitu banyak manfaat yang bisa dirasakan saat mengonsumsinya secara rutin, salah satunya adalah sebagai obat untuk meredakan pegal linu akibat aktivitas yang berlebihan. Dilansir dari situs kesehatan Hellosehat.com, penelitian yang dilakukan oleh Journal of Pain  menemukan bahwa jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami yang berperan dalam mengurangi rasa sakit dan juga mencegah pembengkakan, salah satunya pada otot tubuh yang menyebabkan seseorang mengalami pegal linu.

Biasanya jahe ini dikonsumsi dengan cara dimakan secara langsung, diparut dan diambil sarinya, atau dengan cara dibakar untuk kemudian diseduh dengan air hangat. Namun, Anda juga bisa mencampurnya dengan madu agar rasanya menjadi lebih nikmat atau dengan mengonsumsi NEO rheumacyl Oralinu yang juga memiliki kandungan jahe, kunyit, madu, dan bahan herbal alami lainnya yang sangat baik untuk mengobati pegal linu.

Kunyit

Sama seperti jahe, tanaman rimpang kunyit juga seringkali diabaikan oleh sebagian besar orang. Hal ini dikarenakan rasanya yang pahit dan aromanya yang cukup kuat, ditambah lagi kunyit meninggalkan noda kuning di kulit yang susah untuk dihilangkan. Namun, kunyit juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dengan cara diolah menjadi obat tradisional (jamu) yang bisa membantu mengurangi rasa nyeri dan pegal linu. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan dalam minyak atsiri yang dimiliki oleh kunyit.

Tak hanya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung beberapa bahan alami di atas, Anda juga bisa mengatasi pegal linu dengan minum obat seperti NEO rheumacyl Oralinu yang hadir dalam kemasan sachet praktis dan bisa dibeli di Tempo Store Official melalui Ecommerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, JDID dan Gogobli. Kandungan bahan alami seperti ekstrak jahe, kunyit, madu, daun mint, dan beberapa bahan herbal lainnya sangat baik untuk mengatasi pegal linu setelah beraktivitas. 

Related Article

OTOT

Sering Merasa Badan Pegal Bagian Belakang Saat WFH? Ini Penjelasannya!

aat WFH, hampir bisa dipastikan kalau sebagian orang akan merasakan badan pegal bagian belakang, mulai dari leher hingga tulang ekor. ...

Read More

OTOT

Badan Pegal Ketika Bangun Tidur? Kebiasaan Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

Alih-alih merasa segar dan kembali bersemangat, namun yang Anda rasakan justru badan pegal ketika bangun tidur? Keluhan ini biasanya terjadi ...

Read More

OTOT

Mengenal DOMS, Sensasi Badan Pegal Setelah Workout. Pernah Mengalaminya?

Sering mengalami sensasi badan pegal setelah workout? Rasa nyeri dan pegal di beberapa bagian tubuh setelah berolahraga ini dikenal ...

Read More