blog 1

ARTIKEL

Agar Anda tidak kelelahan dan pegal linu. Nah, coba cek dulu 7 cara biar kamu bebas pegal linu selama perjalanan berikut ini!

Road trip di akhir tahun? Ini 7 Cara Biar Kamu Bebas Pegal Linu Selama Perjalanan

Liburan akhir tahu sudah di depan mata. Apalagi jika punya rencana road trip bersama keluarga atau teman-teman, pasti sangat menyenangkan. Namun, namun melaksanakan road trip memang perlu persiapa ekstra dan trik khusus agar Anda tidak kelelahan dan pegal linu. Nah, coba cek dulu  7 cara  biar kamu bebas pegal linu selama perjalanan berikut ini!

1. Pastikan Anda cukup istirahat di antara sesi mengemudi

Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, istirahatlah yang cukup pada malam menjelang perjalanan tersebut. Jika Anda perlu mengemudi selama beberapa hari, usahakan untuk menciptakan rutinitas tidur di antara sesi mengemudi. Tentukan waktu tidur dan bangun yang tepat, misalnya selama 30 menit selama 2 atau 3 jam sekali dan patuhi waktu tersebut agar Anda tidak terlalu kelelahan.

2. Duduk tegak

Jaga agar postur tubuh Anda tetap tegak selama mengemudi dan terus siaga mengamati cermin dan rambu-rambu jalan.

3. Minuman berkafein

Sediakan kopi atau teh. Sesekali minumlah untuk mengisi ‘energi’ Anda. Namun, cobalah untuk meminumnya sedikit demi sedikit. Sebab meminum kafein terlalu cepat justru akan membuat Anda menjadi gelisah dan terus menerus ingin ke kamar kecil.

4. Dengarkan podcast yang menarik

Membuat diri Anda terhibur adalah cara yang bagus untuk membuat diri Anda bebas dari rasa bosan dalam perjalanan jarak jauh. Carilah podcast atau audiobook menarik sehingga dapat membuat Anda terus terjaga.

5. Berkendara secara bergantian

Akan lebih baik jika ada lebih dari satu orang yang memiliki kemampuan menyetir yang baik dalam kelompok trip Anda. SteDengan begitu, Anda bisa berbagi tugas dengannya. Ini adalah cara terbaik untuk menghindari kelelahan yang berlebihan saat road trip.

6. Hindari mengemudi antara tengah malam dan jam 6 pagi

Sebuah penelitian merekomendasikan untuk menghindari mengemudi antara tengah malam dan jam 6 pagi karena di waktu tersebut tubuh Anda biasanya tidur. Jika bisa, usahakan untuk mengemudi pada siang hari dan hindari mengemudi lebih dari 8 jam dalam sehari.

7. Rehat dari mobil dan lakukan stretching

Temukan tempat yang aman untuk berhenti dan lancarkan peredaran darah Anda dengan melakukan stretching. Perjalanan panjang dengan mobil dapat membuat otot Anda terasa merasa kaku, nyeri, dan pegal linu. Aliran darah juga terhambat akibat berada dalam posisi duduk untuk waktu yang lama. Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami kram, kebas, dan kesemutan yang akan mengganggu kenyamanan Anda selama di perjalanan. Stretching juga bisa memompa endorfin untuk ‘membangunkan’ otak Anda sehingga kembali segar.

Agar lebih aman, sediakan obat pereda nyeri yang bisa dikonsumsi kapan saja untuk mengatasi pegal linu yang mungkin terjadi selama perjalanan.

SHARE ON :