blog 1

ARTIKEL

Saat nyeri otot melanda, ada beberapa pilihan cara untuk mengatasinya, diantaranya adalah dengan memberikan pijatan ringan, mengoleskan krim pereda nyeri, atau bahkan melakukan keduanya

Nyeri Otot Melanda, Pilih Pijat atau Mengoleskan Krim di Bagian Tubuh untuk Mengatasinya?

Saat nyeri otot melanda, ada beberapa pilihan cara untuk mengatasinya, diantaranya adalah dengan memberikan pijatan ringan, mengoleskan krim pereda nyeri, atau bahkan melakukan keduanya. Tujuannya adalah untuk mengurangi rasa nyeri di bagian tubuhnya, terutama setelah berolahraga maupun beraktivitas sehari-hari. Bagaimana dengan Anda?

Mengatasi nyeri otot dengan pijatan

Pijat refleksi merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasi nyeri otot karena dapat merangsang sirkulasi darah dan getah bening yang dapat membawa oksigen ke area yang kekurangan darah. Darah yang mengandung oksigen dapat membantu membersihkan limbah beracun pada otot yang dapat mengakibatkan rasa sakit. Beberapa bagian tubuh yang seringkali mengalami nyeri otot dan membutuhkan pijatan antara lain:

1. Pijatan di area pinggang secara berulang menggunakan jari tangan dengan gerakan memutar dan memberikan sedikit tekanan hingga pegalnya semakin berkurang.

2. Area bahu dengan cara memijat menggunakan telapak tangan di area bahu dan leher.

3. Pijatan di paha yang terasa nyeri dan tidak lupa untuk meluruskan kaki dan mengistirahatkannya.

4. Pijatan ringan di area lutut dengan cara berikut ini:

  • Mengepalkan kedua tangan dan memukul paha bagian atas, tengah, dan bawah dengan perlahan sebanyak 10 kali. Lakukanlah gerakan ini dalam keadaan duduk dan kaki sambil meluruskan kedua kaki.
  • Gerakan selanjutnya adalah menggunakan empat jari tangan (kecuali jempol) untuk mengetuk lutut dari atas ke bawah sebanyak 10 kali secara perlahan.
  • Lalu letakkan kedua telapak tangan di atas paha, lakukan gerakan memijat di bagian paha dan lutut kemudian kembali lagi ke paha dengan memberikan sedikit tekanan saat memijat.

Umumnya, nyeri otot terjadi karena robekan kecil pada serat otot dan peradangan di area tersebut. Nah, salah satu solusi yang biasa dilakukan untuk meredakan rasa nyeri adalah dengan memberikan pijatan. Namun, apabila pijatan yang dilakukan lebih kuat, perhatikan bagaimana tubuh Anda akan bereaksi ya, karena sangat mungkin Anda mengalami kram atau nyeri yang lebih parah. Jika hal ini terjadi, segera hentikan pijatannya, ya.

Mengatasi Nyeri Otot dengan Mengoleskan Krim Pereda Nyeri

Jika Anda tidak terbiasa memijat bagian tubuh saat nyeri otot, maka cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengoleskan krim pereda nyeri seperti  NEO rheumacyl Otot & Sendi Hangat dengan kandungan Menthol dan Eucaplyptus (kayu putih) untuk nyeri otot dan sendi dengan tingkat rasa sakit yang ringan hingga sedang dan NEO rheumacyl Cream HOT jika Anda mengalami nyeri otot dan sendi dengan tingkat rasa sakit yang sedang hingga berat. Sensai hangat yang lebih kuat bisa membantu mengatasi nyeri otot sehingga Anda dapat kembali melanjutkan aktivitas dengan lebih nyaman. 

SHARE ON :