Pijat Bisa Bikin Tubuh jadi Sehat! Yuk Simak Tips nya

Pijat Bisa Bikin Tubuh jadi Sehat! Yuk Simak Tips nya

07-August-2017
Share

Pijatan seringkali dipilih banyak orang sebagai cara untuk menghilangkan rasa pegal dan nyeri pada tubuh. Hal ini telah menjadi tradisi turun-temurun yang dilakukan oleh masyarakat di berbagai tempat. Bahkan, banyak juga yang memiliki gaya pijatan khas daerah masing-masing. Misalnya pijat shiatsu dari Jepang, atau pijat tradisional ala masyarakat Bali. Ternyata ada banyak alasan mengapa pijat dipilih dan disukai orang sebagai alternatif penyembuhan rasa sakit di tubuh. Ini dia alasannya.

Pereda sakit alami
Pijat mengurangi rasa sakit bagi banyak orang, termasuk mereka yang  Penderita Arthritis, migrain, dan banyak kondisi lainnya. Pijat mengurangi rasa sakit dengan mengurangi ketegangan otot dan juga dengan memicu pelepasan endorfin yang bisa meredakan rasa sakit.

Mengatasi depresi
Menurut Florida State Massage Therapy Association, pijat meningkatkan tingkat serotonin di otak yang bisa membantu mencegah atau mengurangi depresi. Selain itu, banyak orang merasa nyaman menikmati pijat karena saat mendapat sedikit sentuhan dari manusia (terapis pijat) dapat merasakan keterikatan dengan orang lain sehingga mengurangi rasa depresi. Beberapa gejala fisik kecemasan seperti denyut jantung yang cepat pun akan lebih stabil.

Tidur lebih nyenyak
Pijat membantu banyak orang rileks, yang bisa membantu penderita insomnia dan meningkatkan kualitas tidur. Kecemasan, rasa sakit, dan depresi sering mengganggu tidur Anda namun saat pijatan meengurangi rasa cemas Anda, secara otomatis kualitas tidur Anda juga meningkat.

Meningkatkan sistem imun
Menurut MassageTherapy.com, sebuah situs web yang dioperasikan oleh Associated Bodywork dan Massage Professionals untuk mendidik masyarakat tentang pijat, pijatan dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dengan merangsang sistem limfatik. Sistem limfatik membantu membersihkan tubuh dari sampah, kotoran, racun dan patogen. Cairan bersirkulasi melalui sistem limfatik seperti darah yang beredar melalui sistem kardiovaskular

Melancarkan peredaran darah
Menurut Florida State Massage Therapy Association, pijat menurunkan tekanan darah tinggi dan juga memperlambat denyut jantung. Tentu saja, pijat membantu orang rileks dan itu juga mengurangi tekanan darah. Sirkulasi yang baik juga memperbaiki kondisi kulit, yang sebenarnya adalah organ tubuh terbesar. Bahkan bisa mengurangi jaringan parut atau stretch mark.

Namun hati-hati.......
Meskipun memiliki banyak manfaat kesehatan, namun tidak semua kondisi tubuh boleh untuk dipijat. Khususnya jika  rasa sakit yang Anda alami adalah cedera fisik akibat olahraga atau penyebab lain. Cedera fisik seperti keseleo sebaiknya tidak diatasi dengan pijatan, karena tekanan yang salah justru bisa memperburuk kondisi Anda. Bahkan bisa jadi, Anda bukan mengalami keseleo biasa melainkan patah tulang. Jadi jika tidak yakin dengan kondisi Anda, lebih baik konsultasikan dulu kepada dokter dan Redakan Nyeri Otot, sendi, dan pegal linu dengan cara mengonsumsi NEO rheumacyl tablet.

Related Article

OTOT

Tips Trekking Aman, Nyaman, dan Bebas Pegal Linu Serta Nyeri Otot

Selama pandemi, trekking ke bukit, menikmati air terjun, atau sekadar menyusuri jalur pendakian ringan menjadi pilihan terbanyak untuk mengusir rasa ...

Read More

OTOT

Sering Diabaikan, Ternyata Mengonsumsi Makanan Ini Bisa Jadi Cara Mengatasi Pegal Linu

Seperti beberapa makanan berikut ini yang ternyata bisa Anda konsumsi untuk mengatasi pegal linu yang seringkali dirasakan akibat aktivitas yang ...

Read More

OTOT

Keluhan Pegal Linu, Nyeri Otot, dan Sendi Setelah Berolahraga dan Cara Mengatasinya

Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang jarang berolahraga atau lupa mengawali aktivitas fisiknya dengan melakukan gerakan pemanasan. Berikut ini ...

Read More