Hindari Cedera Usai Lomba 17-an dengan Cara Ini

Hindari Cedera Usai Lomba 17-an dengan Cara Ini

07-March-2017
Share

Menjelang peringatan hari kemerdekaan, tradisi lomba 17-an masih sering diadakan. Mulai dari lomba anatar warga di lingkungan rumah, sekolah, kampus, hingga lingkungan kerja. Perayaan setahun sekali ini memang selalu seru untuk ditunggu. Kegembiaraan dan semangat kebersamaan saat lomba, memang bisa mempererat relasi antar peserta. Namun, hati-hati, tak jarang juga di setelah lomba selesai digelar, yang tersisa adalah cedera.Akhirnya, seluruh badan kaku dan mengganggu aktivitasmu keesokan harinya. Nah, biar kamu bisa memenangkan lomba 17-an tanpa takut cedera, perhatikan hal-hal berikut ini.

Siapkan stamina
Seminggu sebelum perlombaan digelar, coba deh latih fisik kamu. Apalagi jika selama ini kamu termasuk orang yang jarang berolahraga. Bisa-bisa, tubuhmu ‘kaget’ saat harus berlomba dengan kekuatan fisik penuh, misalnya seperti lomba balap karung, tarik tambang, bakiak, dan panjat pinang. Latih fisik dengan melakukan jogging atau treadmill setidaknya 45 menit per hari selama 5-7 hari sebelum lomba. Lanjutkan dengan gerakkan sit up, push up, dan pull up masing-masing 20 hitungan, khususnya jika kamu adalah salah satu peserta lomba panjat pinang. Dengan begitu, otot-ototmu akan lebih terlatih dan tidak merasa ‘kaget’ saat berlomba nanti.

Lenturkan persendian
Sebelum lomba dimulai, jangan lupa lakukan pemanasan ya! Berlari di tempat dan juga peregangan bisa membantu melenturkan persendian. Lakukan peregangan dengan serius dan tidak terburu-buru. Sebab, pemanasan adalah komponen persiapan yang sangat penting sebelum melakukan aktivitas fisik. Peregangan akan membantu memperkecil risiko kram saat beraktivitas.

Siapkan P3K
Memang sih kondisi fisik sudah dipersiapkan, tetapi pada saat perlombaan selalu saja risiko cedera. Nggak ada salahnya menyiapkan kotak P3K yang berisi obat antiseptik untuk luka, plester, kapas, dan NEO rheumacyl Anti Inflammation untuk meredaka nyeri otot disertai dengan bengkak, kemerahan serta kesulitan pergerakan akibat aktivitas fisik yang berat seperti olahraga (atau lomba 17-an!). Lebih baik persiapkan pertolongan pertama, supaya kendala fisik yang muncul saat lomba bisa cepat diatasi.

Pijat relaksasi
Setelah berlomba, wajar saja kok jika badan terasa pegal dan nyeri. Ulangi penggunaan Neo rehumacyl Anti Inflammation selama 1-2 hari setelah lomba atau hingga rasa nyeri berkurang. Tapi ingat, jangan langsung melakukan pemijatan setelah selesai lomba. Sebab, kamu tidak tahu seberapa parah nyeri yang kamu alami. Jika nyeri mereda setelah beberapa hari, kamu boleh melakukan pijat relaksasi untuk mempercepat pemulihan. Namun, jika rasa nyeri tak kunjung hilang, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Related Article

OTOT

Sering Merasa Badan Pegal Bagian Belakang Saat WFH? Ini Penjelasannya!

aat WFH, hampir bisa dipastikan kalau sebagian orang akan merasakan badan pegal bagian belakang, mulai dari leher hingga tulang ekor. ...

Read More

OTOT

Badan Pegal Ketika Bangun Tidur? Kebiasaan Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

Alih-alih merasa segar dan kembali bersemangat, namun yang Anda rasakan justru badan pegal ketika bangun tidur? Keluhan ini biasanya terjadi ...

Read More

OTOT

Mengenal DOMS, Sensasi Badan Pegal Setelah Workout. Pernah Mengalaminya?

Sering mengalami sensasi badan pegal setelah workout? Rasa nyeri dan pegal di beberapa bagian tubuh setelah berolahraga ini dikenal ...

Read More