Cara Mengobati Sakit Punggung Sebelah Kanan Atas Akibat Sering Duduk di Depan Komputer

Cara Mengobati Sakit Punggung Sebelah Kanan Atas Akibat Sering Duduk di Depan Komputer

30-January-2020
Share

Bagi sebagian besar pekerja kantoran, membawa beban terlalu berat atau duduk terlalu lama di depan komputer dengan posisi yang kurang tepat (misalnya membungkuk atau badan lebih condong ke satu titik saja) memang selalu sukses untuk memicu timbulnya sakit punggung sebelah kanan atas. Ditambah lagi dengan ketinggian meja dan juga bentuk kursi kerja yang juga mempengaruhi kesehatan punggung saat bekerja. Jika hal ini mulai terjadi, beberapa cara berikut ini bisa Anda lakukan untuk membantu meredakan rasa sakit dan pegal agar aktivitas lancar kembali.

Melakukan Gerakan Peregangan
Bekerja dengan giat memang boleh saja, namun ingat untuk selalu menjaga kesehatan tubuh agar tetap bisa bekerja dengan nyaman. Saat sakit punggung sebelah kanan atas mulai melanda, coba luangkan waktu sejenak untuk melakukan beberapa gerakan peregangan seperti:

  • Duduk di kursi, kaki tetap berpijak di lantai, kemudian putar badan ke bagian belakang (kedua sisi kanan dan kiri) dan tahan selama 10 detik. Lakukan sebanyak tiga kali masing-masing sisi, ya.
  • Duduk di kursi, mengaitkan jari kedua tangan dan menariknya ke atas, tahan selama 10 detik dan rasakan peregangan yang terjadi. Tak hanya bermanfaat untuk punggung, gerakan ini juga bisa meregangkan otot pundak Anda.
  • Angkat kedua tangan, lalu tekuk dan sentuh siku sebelah kiri menggunakan telapak tangan kanan, tahan selama 10 detik. Lakukan secara bergantian sebanyak tiga kali dan rasakan peregangan yang terjadi.

Mengubah Posisi Duduk
Sakit punggung sebelah kanan atas juga seringkali muncul karena posisi duduk yang kurang tepat dan dilakuan dalam waktu yang cukup lama, seperti membungkuk. Menurut sebuah artikel yang dimuat dalam laman online Healthfacts.ng, Kebiasaan inilah yang akhirnya bisa membuat kurva tulang belakang berubah karena terlalu banyak mendapat tekanan dan beban tubuh. Oleh karena itu, beberapa cara yang paling tepat untuk mengatasinya adalah:

  • Mengatur ketinggian kursi dan mulai membiasakan diri untuk duduk tegak saat bekerja.
  • Memanfaatkan gym ball sebagai pengganti kursi saat bekerja.
  • Tak melulu harus menatap layar komputer atau laptop dengan duduk di kursi, sesekali Anda juga bisa mencoba bekerja sambil berdiri dengan memanfaatkan standing table yang tersedia di kantor. Posisi inilah yang akan membantu punggung agar tidak membungkuk dalam waktu yang lama.

Mengubah Posisi Tidur
Posisi tidur dan kondisi kasur juga sangat berpengaruh pada kesehatan punggung kita. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu tidur dengan posisi terlentang di atas kasur yang tidak terlalu empuk untuk menjaga kurva tulang belakang dan menjaga agar posisi kepala tidak terlalu tinggi.

Mengoleskan Krim Pereda Nyeri Otot

NEO rheumacyl Hot Cream


Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit punggung sebelah kanan adalah dengan langsung mengoleskan krim pereda nyeri otot yang bisa Anda bawa saat beraktivitas, seperti NEO rheumacyl Hot Cream. Kandungan Methyl Salicylate, Menthol, Eucalyptus Oil dan Pine Oil di dalamnya mampu membantu meredakan rasa nyeri dan pegal di bagian punggung dengan segera. Tak hanya itu, NEO rheumacyl Hot Cream merupakan krim pereda yang cepat meresap dan tidak lengket di kulit, sehingga Anda bisa tetap bekerja dengan nyaman.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai kebiasaan baik demi menjaga kesehatan tubuh terutama punggung kita setiap harinya. Pastikan untuk selalu mengimbangi padatnya pekerjaan dengan pola hidup dan juga posisi duduk yang tepat, ya.

Related Article

OTOT

Hati-hati, Ini 3 Kebiasaan yang Salah Setelah Berolahraga yang Memicu Nyeri Otot dan Sendi

Meski olahraga sedang menjadi tren saat ini, namun tak jarang juga yang masih malas untuk melakukannya karena takut mengalami nyeri ...

Read More

OTOT

Bagaimana Cara Mempercepat Proses Penyembuhan Lutut yang Sakit?

Lalu, bagaimana cara mempercepat proses penyembuhan lutut yang sakit? Simak penjelasannya berikut ini. ...

Read More

OTOT

Sakit Punggung dan Badan Kaku Setiap Bangun Tidur? Atasi dengan Cara Ini!

Jika iya, jangan sepelekan keluhan sakit punggung dan badan kaku yang Anda alami saat bangun tidur. Yuk, segera cari tahu ...

Read More