blog 1

ARTIKEL

jika Anda tidak mengelola pola makan dan minum dengan baik.Untuk mencegah hal tersebut, terdapat sejumlah tips agar tidak dehidrasi saat puasa

Apakah Dehidrasi Saat Puasa Bisa Sebabkan Badan Lebih Mudah Pegal Linu?

Saat berpuasa, seringkali kita kesulitan mencukupi asupan cairan yang masuk ke tubuh. Akibatnya kita menjadi lebih rentan mengalami dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi ketika seseorang kehilangan cairan tubuh berlebih yang dapat memicu berbagai macam masalah kesehatan. Kondisi ini bisa terjadi kapan saja, termasuk saat sedang berpuasa karena perubahan pada pola makan. Efek dari dehidrasi saat puasa bisa berbagai macam, mulai dari sulit berkonsentrasi, bibir kering dan pecah-pecah, hingga badan lebih mudah pegal linu. Untuk masalah pegal linu akibat dehidrasi, kami akan memberikan tips untuk mengatasinya. Simak artikel berikut!

Dehidrasi adalah kondisi yang rentan terjadi saat sedang menjalani puasa, terlebih jika Anda tidak mengelola pola makan dan minum dengan baik.Untuk mencegah hal tersebut, terdapat sejumlah tips agar tidak dehidrasi saat puasa

1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Cara mencegah dehidrasi saat puasa yang pertama adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang kandungan airnya tinggi selama berbuka hingga sahur. Beberapa jenis buah dan sayur yang baik dikonsumsi saat sahur atau berbuka puasa di antaranya semangka, jeruk, melon, apel, brokoli, selada, dan bayam.

2. Membuat Jadwal Minum Air Putih

Selama berpuasa coba terapkan pola minum 2-4-2 dalam mengonsumsi air putih, yaitu minum dua gelas air putih saat berbuka, dua gelas sebelum salat tarawih, dua gelas sebelum tidur, dan dua gelas air putih saat sahur. Jangan minum air putih sekaligus dalam jumlah banyak karena dapat menyebabkan perut menjadi kembung.

3. Siapkan Menu Makanan Berkuah

Sebagai asupan cairan tambahan, Anda juga bisa menyiapkan menu sahur dan berbuka yang berkuah seperti sup, kuah kaldu (bonebroth), ataupun sayur bening. Asupan cairan dari makanan kuah juga bisa membantu mencukupi kebutuhan cairan untuk tubuh Anda.

4. Batasi konsumsi kafein

Batasi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh selama berpuasa. Terlalu banyak mengonsumsi kafein akan membuat tubuh lebih sering buang air kecil dan meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi. Makanan dan minuman tinggi gula juga perlu dibatasi karena akan membuat Anda merasa lebih mudah haus.

5. Batasi Konsumsi Garam

Garam mengandung natrium tinggi yang dapat menarik dan menahan air di dalam tubuh sehingga turut meningkatkan rasa haus. Jika kebutuhan cairan tidak terpenuhi, Anda akan mengalami dehidrasi.

6. Batasi Aktivitas Fisik Berat

Hindari melakukan aktivitas fisik yang berat dan bisa memicu Anda terlalu banyak berkeringat. Jika memang ingin berolahraga, lakukan olahraga dengan intensitas rendah seperti berjalan kaki atau bersepeda santai.

Nah, kini Anda tidak perlu khawatir lagi mengalami pegal linu akibat dehidrasi saat berpuasa, yang terpenting cukupi kebutuhan cairan setelah berbuka hingga saat sahur. Jika Anda masih mengalami pegal linu meski sudah cukup minum, coba cari tahu lagi penyebabnya. Bisa jadi pegal linu yang Anda alami bukan diakibatkan karena dehidrasi. Setelah berbuka, segera redakan dengan pereda nyeri yang mengandung Ibuprofen serta Vitamin B1, B6 dan B12 yang dapat meredakan nyeri dan dapat menjaga kesehatan syaraf.

SHARE ON :