blog 1

ARTIKEL

Nyeri otot di lengan atas dapat menjadi pengalaman yang mengganggu. Mari kita kenali beberapa penyebab umumnya dan temukan cara efektif untuk mengatasinya.

Nyeri Otot Sering Terasa di Lengan Atas? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Nyeri otot di lengan atas dapat menjadi pengalaman yang mengganggu, terutama jika sering muncul dalam aktivitas sehari-hari. Apakah Anda merasa nyeri pada bagian ini? Mari kita kenali beberapa penyebab umumnya dan temukan cara efektif untuk mengatasinya.

 

1. Aktivitas Fisik yang Berlebihan

Salah satu penyebab utama nyeri otot di lengan atas adalah aktivitas fisik yang berlebihan. Misalnya, jika Anda baru memulai program latihan baru atau melakukan gerakan yang tidak biasa bagi otot lengan, hal ini dapat menyebabkan otot menjadi lelah dan nyeri.

 

2. Posisi Duduk yang Salah

Banyak dari kita menghabiskan banyak waktu di depan komputer atau menggunakan ponsel, yang dapat menyebabkan postur tubuh yang buruk. Posisi duduk yang salah dapat memberikan tekanan berlebihan pada otot lengan, menyebabkan ketegangan dan nyeri.

 

3. Stres dan Kecemasan

Stres dan kecemasan dapat menciptakan ketegangan pada otot-otot tubuh, termasuk otot-otot lengan. Pada beberapa kasus, stres dapat menyebabkan perasaan nyeri dan kekakuan.

 

4. Cedera atau Trauma

Cedera atau trauma pada lengan, seperti terjatuh atau terbentur, dapat menyebabkan nyeri otot. Bahkan, cedera ringan sekalipun dapat memicu reaksi otot dan menyebabkan ketidaknyamanan.

 

Cara Mengatasi Nyeri Otot di Lengan Atas:

 

1. Peregangan dan Pemanasan Sebelum Aktivitas

Lakukan peregangan dan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik atau duduk dalam waktu yang lama. Ini membantu mengurangi risiko ketegangan otot.

 

2. Istirahat yang Cukup

Jika nyeri disebabkan oleh aktivitas fisik yang berlebihan, berikan waktu istirahat yang cukup bagi otot untuk pulih. Hindari melakukan gerakan atau beban yang berat selama beberapa waktu.

 

3. Perbaiki Posisi Duduk

Perbaiki postur duduk Anda, terutama jika Anda menghabiskan banyak waktu di depan komputer atau ponsel. Pastikan meja dan kursi Anda ergonomis dan sesuai dengan tinggi tubuh Anda.

 

4. Pijatan dan Terapi Otot

Pijatan lembut atau terapi otot dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan sirkulasi darah. Konsultasikan dengan ahli pijat atau terapis fisioterapi untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.

 

5. Kompres Dingin atau Panas

Penggunaan kompres dingin atau panas dapat membantu meredakan nyeri dan mengurangi peradangan. Lakukan secara bergantian untuk meredakan nyeri sekaligus melancarkan perederan darah.

 

6. Latihan Kekuatan Otot

Melakukan latihan kekuatan otot lengan dapat membantu meningkatkan stabilitas dan mengurangi risiko nyeri. Berlatih angkat beban dengan menggunakan barbel akan sangat membantu. Sesuaikan ukuran beban dengan kemampuan Anda dan tingkatkan secara bertahap untuk melatih kekuatan otot Anda.

 

7. Lakukan Pertolongan Pertama

Saat mengalami nyeri otot pada lengan atas, segera istirahatkan tangan Anda. Hentikan aktivitas yang bisa memicu rasa nyeri. Oleskan krim pereda nyeri NEO rheumacyl Hot Cream, Panasnya Extra, Cepat Meresap, untuk meredakan pegal pegal nyeri sendi, nyeri otot, nyeri akibat encok, keseleo, bengkak akibat kegiatan sehari-hari.

 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk meredakan nyeri otot pada lengan atas. Jangan lupa lakukan perubahan kecil dalam gaya hidup dan rutinitas sehari-hari untuk membantu mengurangi dan mencegah nyeri otot di lengan atas. Jangan ragu untuk mencari bantuan medis jika gejala tetap persisten atau memburuk. Kesehatan otot yang baik adalah kunci untuk menjalani kehidupan yang aktif dan produktif.

SHARE ON :