blog 1

ARTIKEL

Bagi para pelari pemula, simak tips penting biar bebas Nyeri Otot sampai garis finish!

6 Tips Penting untuk Pelari Pemula, Biar Bebas Nyeri Otot Sampai Garis Finish!

Event lari menjadi salah satu kegiatan olahraga yang banyak diadakan secara offline setelah berlakunya protokol kesehatan terbaru COVID-19. Kesempatan untuk berlari bersama dengan peserta lainnya tentu dapat menciptakan euforia yang berbeda dibandingkan saat berlari sendirian. Bagi para pelari pemula, simak tips penting biar bebas Nyeri Otot sampai garis finish!

Makan sesuatu sebelum balapan

Jangan melewatkan sarapan karena Anda pikir Anda akan mengalami kram atau harus pergi ke kamar mandi di tengah acara. Anda justru membutuhkan energi dari makan pagi untuk memicu lari Anda, namun pastikan Anda makan maksimal 60 menit sebelum berlari. Makanlah dengan porsi wajar dan hindari apa pun yang tinggi serat, sangat berlemak, atau sulit dicerna. Roti panggang dengan pisang dan selai kacang, atau sereal dengan susu adalah pilihan yang bagus untuk hidangan sederhana sebelum balapan.

Jangan lewatkan pemanasan

Pentingnya pemanasan sebelum berolahraga apapun, bukanlah sebuah teori semata. Tanpa  pemanasan, darah dan oksigen di otot tidak cukup banyak. Karena darah dan oksigen di otot hanya sedikit, otot pun tidak punya cukup tenaga untuk menahan tekanan saat berolahraga. Kalau sudah begitu, otot tubuh kita akan lebih mudah mengalami cedera. Akibatnya Anda lebih berisiko mengalami cedera, menurunkan performa, dan membuat Anda belum cukup ‘siap’ secara mental. Jadi, lakukanlah pemanasan dengan benar sebelum berlari ya!

Jangan memulai terlalu cepat

Selain pemanasan, yang perlu diperhatikan adalah kecepatan lari saat memulai. Salah satu kesalahan pelari pemula yang sering terjadi adalah memulai dengan langkah cepat dan berujung benar-benar kehilangan tenaga menjelang finish tanpa nyeri otot. Jangan khawatir tentang pelari yang berlari melewati Anda di awal – mulailah dengan kecepatan yang Anda tahu dapat Anda pertahankan hingga garis finish.

Bijak saat melewati waterstop

Jadikan waterstop sebagai titik pengisi energi Anda. Tidak perlu terburu-buru, pelankan langkah untuk mengambil gelas air dan meminumnya tanpa tumpah atau tersedak. Jika Anda belum merasa haus, lanjutkan berlari hingga perhentian berikutnya atau bwalah Botol air sendiri agar lebih praktis saat Anda membutuhkannya. Konsumsi air putih yang cukup juga baik untuk membantu Anda terhindar dari kram.

Selingi dengan berjalan

Beberapa pelari pemula khawatir saat harus berjalan sewaktu balapan karena berpikir mereka sudah gagal. Padahal, tidak ada salahnya untuk mengambil ‘istirahat’ dengan berjalan kaki. Justru, cara istirahat dengan berjalan kaki dapat membantu Anda menyelesaikan balapan dengan lebih stabil dibandingkan pelari pemula yang mencoba memaksakan diri berlari sepanjang jarak.

Siapkan krim pereda nyeri otot

Setelah berlari, lakukan pendinginan dan segera oleskan krim Pereda nyeri otot NEO rheumacyl HOT CREAM Tube. Memberikan rasa hangatnya pas, cepat meresap, dan memiliki aroma relaksasi yang menenagkan. Berkhasiat untuk meredakan pegal-pegal, nyeri sendi, nyeri otot. Anda pun bisa berlari dengan percaya diri, bebas nyeri otot sampai garis finish!

SHARE ON :