Mulai Ikutan Tren Sepeda? Ini Tips untuk Atasi Pegal Linu Setelah Gowes

Mulai Ikutan Tren Sepeda? Ini Tips untuk Atasi Pegal Linu Setelah Gowes

29-December-2020
Share

Sejak dulu, bersepeda adalah kegiatan yang menyenangkan. Namun di masa pandemi ini, penggemarnya semakin bertambah. Bisa jadi, Anda juga sa;ah satu penggemar baru sepeda. Meski menyenangkan, ada berbagai kebiasaan yang perlu Anda ketahui agar kegiatan bersepeda berjalan lancar. Bukan hanya ketika Anda sedang melaju dengan sepeda, tetapi juga setelah Anda selesai bersepeda. Berikut ini adalah tips untuk atasi pegal linu setelah gowes!

Pendinginan

Begitu sampai di tempat tujuan, jangan langsung menghentikan sepeda  secara drastis. Melajulah lebih lambat sebanyak 1-2 kilometer sebelum berhenti. Selama bersepeda pembuluh darah di tungkai Anda melebar dan bila Anda berhenti tiba-tiba, darah hanya akan terkumpul di tungkai.

Hal ini tidak hanya membuat Anda merasa pusing, tetapi juga membatasi Anda untuk mendapatkan darah yang kaya nutrisi dan oksigen dan membuang sisa metabolisme – dua kunci untuk perbaikan dan pemulihan otot.

Jangan langsung duduk

Rasa lelah mungkin membuatmu ingin duduk usah bersepeda. Akan tetapi jika hal ini langsung dilakukan kamu malah berisiko mengalami pegal linu. Ssetelah berolahraga, terjadi peningkatan produksi asam laktat dalam darah. Duduk menyebabkan peredaran darah tidak lancar, sehingga terjadi penumpukan asam laktat. Beri waktu beberapa menit dan lakukan peregangan ringan sebelum Anda duduk. Hindari duduk dengan posisi bersila atau melipat kaki agar aliran darah tetap lancar.

Pemijatan

Berikan pijatan ringan pada area paha dan betis. Penelitian menunjukkan bahwa pemijatan setelah latihan dapat memperbaiki aliran darah hingga 72 jam kemudian. Pemijatan juga memecahkan ikatan otot yang dapat terbentuk akibat penggunaan berlebihan, sehingga otot dapat bekerja dengan mudah.

Hidrasi tubuh

Selama bersepeda, tubuh banyak kehilangan cairan melalui keringat. Minumlah lebih banyak untuk menggantikan cairan tubuh yang keluar. Sebab, kekurangan cairan dapat memperlambat proses pemulihan tubuh akibat darah yang mengental. Penting untuk membawa minum selama Anda bersepeda agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Obat herbal anti pegal linu

Jangan lupa membawa persiapan untuk mengatasi pegal linu setelah bersepeda yaitu NEO rheumacyl Oralinu. Obat herbal yang mengandung berbagai macam tanaman herbal yang efektif meredakan nyeri sendi, pegal linu, nyeri akibat encok dan sakit otot pinggang. NEO rheumacyl Oralinu dikemas dalam sachet sehingga praktis dikonsumsi dimana saja dan kapan saja.

Related Article

SENDI

Bagaimana Membedakan Radang Sendi dan Pegal Linu?

Nyeri ataupun pegal, seringkali dianggap sama dan diatasi dengan cara yang serupa.Apapun itu, tidak boleh disepelekan dan cara penangannya pun ...

Read More

SENDI

Bangun Tidur Kok Malah Pegal Linu? Mungkin Ini Penyebabnya...

Harapannya, tubuh akan terasa lebih segar setelah bangun tidur. Kenyataannya? Sekujur tubuh malah pegal linu! Kira-kira apa ya penyebabnya dan ...

Read More

SENDI

Aktivitas Mulai Padat Lagi? Ini Cara Agar Badan Tidak 'Kaget' dan Pegal Linu

Selama pandemi, Anda telah mengalami berbagai penyesuaian aktivitas dan harus segera beradaptasi. Berikut ini adalah cara agar badan tidak ‘kaget’ ...

Read More