4 Faktor Penyebab Wanita Sering Sakit Punggung

4 Faktor Penyebab Wanita Sering Sakit Punggung

02-March-2020
Share

Mengenali faktor penyebab wanita sering sakit punggung adalah hal yang wajib diketahui, tak hanya bagi mereka yang sudah lanjut usia, tetapi juga yang masih berusia muda. Pasalnya, meski terlihat sangat sepele, namun keluhan yang satu ini bisa menjadi semakin parah, mengganggu aktivitas, dan memicu timbulnya penyakit serius lainnya jika tidak segera ditangani. Untuk itu, simak beberapa kebiasaan yang seringkali menjadi faktor pemicu timbulnya sakit punggung pada wanita berikut ini.

Salah Posisi Tidur

Faktor penyebab wanita sering sakit punggung yang pertama adalah karena posisi tidur yang kurang tepat, seperti tengkurap, miring ke kanan atau kiri, atau meringkuk. Umumnya, posisi itidur yang dianjurkan adalah tidur terlentang di mana posisi kepala sejajar dengan punggung (tulang belakang) dan kaki. Selain itu bisa juga karena kondisi kasur yang tidak mendukung (kasur yang terlalu empuk), sehingga bisa mengubah postur tulang belakang.

Posisi Meja Kerja Terlalu Rendah

Duduk dan berjalan bungkuk juga bisa menjadi penyebab wanita mengalami sakit punggung. Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang bekerja di depan komputer dalam waktu yang cukup lama, di mana posisi meja terlalu rendah. Sebelum semua terlambat, cobalah untuk mengubah posisi meja atau kursi kerja. Anda bisa memanfaatkan gymball sebagai pengganti kursi atau bisa memilih standing table yaitu bekerja sambil berdiri untuk menjaga postur tulang belakang.

Melakukan Aktivitas Berat

Terlalu sering melakukan aktivitas berat juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab wanita sering sakit punggung. Misalnya saja saat harus membawa ransel yang terlalu berat, seringkali mengangkat benda yang cukup berat, mendorong beban cukup berat, dan duduk terlalu lama. Untuk menghindarinya, coba kurangi berat beban yang biasa Anda bawa setiap harinya. Pastikan juga meluangkan waktu di sela pekerjaan untuk melakukan gerakan relaksasi agar otot punggung tidak mengalami ketegangan. Hindari juga untuk melakukan gerakan seperti memutar badan sampai berbunyi saat punggung mulai terasa lelah, karena jika hal ini dilakukan secara terus-menerus bisa menimbulkan masalah kesehatan tulang belakang yang abnormal.

Masalah Struktural

Faktor penyebab wanita sering sakit punggung selanjutnya adalah karena adanya masalah struktural seperti piringan tulang yang membengkak, arthritis, osteoporosi, hingga masalah ginjal. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memeriksakan kesehatan tulang belakang secara rutin, ya.

NEO rheumacyl tablet

Selain dengan melakukan gerakan peregangan di sela pekerjaan, olahraga secara rutin setiap harinya, dan menerapkan pola hidup sehat, cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi sakit punggung adalah dengan mengonsumsi obat pereda nyeri NEO rheumacyl tablet yang berkhasiat untuk meredakan nyeri otot, nyeri sendi & pegal linu. NEO rheumacyl tablet membantu atasi sakit punggung dengan efektif, praktis, dan aman!

Source: detikhealth

Related Article

SENDI

Apakah Pegal Linu Sama Halnya dengan Radang Sendi? Bagaimana Mengatasinya?

Jangan abaikan pegal linu yang Kamu alami, bisa jadi itu radang sendi penyakit yang lebih serius. Lalu, apa sebenarnya perbedaan ...

Read More

SENDI

Mulai Ikutan Tren Sepeda? Ini Tips untuk Atasi Pegal Linu Setelah Gowes

Bukan hanya ketika Anda sedang melaju dengan sepeda, tetapi juga setelah Anda selesai bersepeda. Berikut ini adalah tips untuk atasi ...

Read More

SENDI

Bagaimana Membedakan Radang Sendi dan Pegal Linu?

Nyeri ataupun pegal, seringkali dianggap sama dan diatasi dengan cara yang serupa.Apapun itu, tidak boleh disepelekan dan cara penangannya pun ...

Read More