Kapan Waktu yang Tepat untuk Berolahraga Saat Ramadhan?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Berolahraga Saat Ramadhan?

04-May-2020
Share

Aktivitas fisik di bulan Ramadhan biasanya memang otomatis berkurang. Namun itu tak berarti kamu jadi bermalas-malasan saja. Olahraga tetap diperlukan agar stamina dan metabolisme tubuh tetap terjaga. Tidak perlu takut kelelahan dan batal puasa kok, kamu bisa tetap lancar berpuasa tanpa meninggalkan rutinitas olahraga, hanya saja sesuaikan waktu yang tepat untuk berolahraga saat Ramadhan ya!

Waktu terbaik

Sebenarnya tidak ada larangan melakukan olahraga saat puasa. Baik di pagi hari, menjelang berbuka, atau di tengah hari sekalipun. Meskipun mungkin waktu terbaik adalah saat ngabuburit. Sebab, selain membuat tubuh terasa segar kamu juga tidak perlu menunggu lama hingga saatnya berbuka nanti. Tetapi jika ingin berolahraga di waktu yang lain pun tidak masalah, asalkan tidak dilakukan di tempat yang panas apalagi terpapar langsung dengan sinar matahari karena dapat membuat kamu dehidrasi. Berolahraga di dalam ruangan yang sejuk lebih dianjurkan. Satu lagi, sesuaikan juga dengan kemampuan fisikmu. Jika sudah terbiasa olahraga, tentu staminamu akan lebih baik daripada mereka yang jarang berolahraga.

Pilihan jenis olahraga

Jangan lakukan olahraga yang terlalu berat dan banyak berlari seperti sepak bola atau basket. Pilih olahraga dengan intensitas sedang seperti treadmill, jogging, atau bersepeda santai. Olahraga tersebut bisa menyehatkan tubuh sekaligus menyenangkan, tetapi tidak terlalu menghabiskan tenaga. Lakukan hanya setengah dari lama waktu Kamu berolahraga di luar bulan Ramadhan. Jika kamu biasa berolahraga 60 menit, maka lakukan 30 menit saja. Jangan terlalu memaksakan diri. Ingat tujuan olahraga selama Ramadhan bukanlah membentuk tubuh dan menurunkan berat badan, namun sebatas menjaga tubuh tetap bugar. Olahraga renang juga tidak dianjurkan karena berisiko menelan air dan membatalkan puasa.

Sebelum berolahraga

Sama seperti berolahraga di waktu yang lainnya, olahraga di bulan Ramadan pun tidak boleh melupakan langkah persiapan yaitu pemanasan. Lakukan pemanasan sebelum berolahraga selama 5 – 10 menit. Kamu bisa melakukan stretching atau mungkin berjalan pelan di treadmill sebelum nantinya menambah kecepatan. Pemanasan sangat penting dilakukan agar risiko cedera saat berolahraga bisa diminimalisir.

Siapkan juga NEO rheumacyl Cream Hot yang berguna untuk meredakan nyeri otot, nyeri sendi, keseleo dan pegal-pegal. Produk ini bisa berguna sebagai pertolongan pertama mengatasi nyeri dan kram otot yang mungkin terjadi ketika berolahraga. Dapatkan NEO rheumacyl Cream Hot di Blibli, Lazada, tokopedia, Shopee, JD, dan Gogobli!

Related Article

SARAF OTOT

Penyebab Kaki Terasa Kram Kesemutan yang Seringkali Diabaikan

Anda tentunya pernah merasakan kesemutan pada kaki. Kesemutan biasanya terjadi saat Anda terlalu lama duduk bersila atau duduk dengan menekuk ...

Read More

SARAF OTOT

Sering Merasa Kram, Kebas, dan Kesemutan? Hati-hati, Mungkin Penyakit ini Penyebabnya

Kesemutan yang berlangsung singkat berbeda dengan kesemutan kronis atau yang sifatnya sering kambuh. ...

Read More

SARAF OTOT

Jarang Disadari, 4 Kebiasaan Ini Adalah Penyebab Jari Tangan Terasa Kram, Kebas dan Kesemutan

Jari tangan yang terasakram,kebas, dam kesemutan seringkali muncul secara tiba-tiba dan menghilang begitu saja tanpa Anda ketahui penyebabnya. ...

Read More