blog 1

ARTIKEL

Mendaftar jadi anggota tetap di gym adalah sebuah langkah yang baik untuk mengawali tahun baru. 5 fungsi alat olahraga yang cocok untuk pemula!

Baru Daftar Nge-gym? Ketahui 5 Fungsi Alat Olahraga yang cocok untuk pemula!

Mendaftar jadi anggota tetap di gym adalah sebuah langkah yang baik untuk mengawali tahun baru. Itu tandanya, Anda selangkah lebih maju untuk menjalani hidup yang lebih sehat. Namun, jangan sampai keanggotaan gym Anda menjadi sia-sia karena jarang latihan ya! Berkomitmenlah untuk menyediakan waktu untuk pergi ke gym. Selain itu, Anda juga harus ‘mengakrabkan’ diri dengan berbagai alat olahraga yang ada. Mungkin Anda merasa sungkan untuk bertanya sebagi pemula, tapi percayalah bahwa itu tak apa. Jika Anda masih ragu, kami akan memberi membocorkan 5 fungsi alat olahraga yang cocok untuk pemula!

 

1. Lat Pull-down

 

1. Lat Pull-down

Alat ini menargetkan 'latissimus dorsi' (atau 'lats') Anda, salah satu otot terbesar di punggung Anda, sekaligus melatih otot bisep dan bahu Anda. Melatih otot lat Anda dapat membantu memperbaiki postur tubuh dan memperkuat otot di punggung Anda.

Mesin akan memiliki tempat duduk, palang gantung, dan penahan yang dapat disesuaikan, biasanya berupa tumpukan beban dengan pin. Atur pin ke beban yang nyaman bagi Anda, lalu duduklah di kursi dengan kaki rata di lantai. Jika Anda tidak dapat mencapai bar saat duduk, Anda mungkin perlu menyesuaikannya atau meminta bantuan staf gym.

Buka lebar lengan anda dan genggam palang di kedua ujungnya tarik palang ke bawah secara perlahan, tekan tulang belikat Anda, hingga kira-kira sejajar dengan dagu Anda. Kembalikan palang secara perlahan ke posisi awal dengan kontrol agar pelat beban tidak saling bertabrakan.

 

 

2. Seated Row

 

2. Seated Row

Seated row juga melatih otot lat Anda, dengan fokus pada punggung tengah untuk melatih bagian bahu belakang dan bisep. Latihan ini dapat membantu membangun kekuatan punggung dan memperbaiki postur tubuh anda, terutama jika Anda sering duduk bekerja sepanjang hari.

Seated row dapat dilakukan pada mesin yang sama dengan lat pull-down, namun tariklah tali pegangan dari dudukan di depan Anda. Pegang tali pegangan dengan tangan terentang, tarik pegangan ke arah perut Anda, jaga agar tubuh Anda tetap stabil dan rapatkan tulang belikat Anda.

 

3. Bench Press

 

3. Bench Press

Barbell bench press adalah latihan gabungan yang melatih beberapa otot sekaligus, termasuk otot dada dan deltoid anterior (bahu depan). Tidak seperti push-up, bench press melibatkan otot-otot ini tanpa membebani pergelangan tangan dan bahu Anda.

 

Berbaring telentang di bangku, menatap barbel yang diletakkan di rak beban. Palang harus kira-kira sejajar dengan mata Anda untuk menghindari kontak dengan rak selama repetisi Anda. Pegang palang dengan pegangan tangan, dengan posisi tangan sedikit lebih lebar dari lebar bahu dan dorong palang keluar dari rak. Turunkan palang ke dada Anda dengan kontrol, lalu dorong kembali ke posisi awal.

 

4. Leg Press

 

4. Leg Press

Leg Press memungkinkan Anda mengangkat beban berat dengan kaki Anda untuk membangun kekuatan otot kaki tanpa perlu membebani tulang belakang Anda sehingga mengurangi risiko cedera atau postur tubuh yang buruk.

 

Duduklah dengan pinggul bersentuhan dengan bagian belakang kursi untuk melindungi tulang ekor dan punggung bawah, dan telapak kaki rata di atas pelat beban. Lutut Anda harus ditekuk untuk memungkinkan Anda mendorong pelat beban, jadi sesuaikan tempat duduk jika diperlukan. Dorong pelat menjauh dari tubuh Anda dan rentangkan kaki Anda dengan kontrol, pertahankan sedikit tekukan di lutut Anda. Tekuk lutut dan turunkan pijakan kaki ke arah tubuh hingga lutut hampir menyentuh dada. Lutut Anda harus lurus selama melakukan gerakan.

 

5. Squat

 

5. Squat

Smith machine bisa digunakan untuk membantu Anda melakukan squat. Namun berbeda dengan squat biasa yang fokus melatih otot kaki, squat dengan bantuan smith machine juga dapat dimanfaatkan untuk melatih otot lengan dan bahu.

 

Setel alat ke tingkat bantuan yang nyaman. Pegang dengan arah telapak tangan membelakangi Anda dan posisi tangan sedikit lebih lebar dari lebar bahu. Pastikan posisi kaki Anda berada 3-6 inci ke depan. Kunci dari penggunaan alat ini adalah penempatan posisi kaki harus pas, tidak terlalu maju ataupun mundur karena dapat meningkatkan risiko cedera.

 

Memulai olahraga memang fase yang paling menantang. Namun Anda tidak boleh menyerah. Setelah terbiasa, Anda akan merasakan manfaatnya dan bahkan ketagihan berolahraga. Wajar jika di awal latihan, anda akan merasakan pegal dan nyeri otot pasca olahraga. Istirahatkan tubuh Anda untuk memulihkan kondisi sebelum latihan berikutnya. Redakan rasa pegal dan nyeri dengan NEO rheumacyl EXTRA HOT CREAM Tube. Panasnya extra, cepat meresap, dan mampu meredakan pegal-pegal, nyeri sendi, nyeri otot, nyeri akibat encok, dan keseleo yang mungkin terjadi setelah berolahraga.

 

Sumber: Sweat.com

SHARE ON :