...

Pegal Linu? Bisa Jadi Karena Masuk Angin

29-January-2018
Share

Pegal linu adalah hal yang lazim dan mungkin pernah dialami oleh semua orang, termasuk juga Anda. Ketika mengalami pegal linu, Anda akan merasa tidak nyaman di sejumlah bagian tubuh, mulai dari leher, pundak, punggung, pinggang—bahkan bisa saja di sekujur tubuh. Meskipun dianggap bisa, namun pegal linu yang Anda rasakan bisa saja disebabkan oleh hal yang berbeda dan merupakan gejala dari penyakit yang lebih parah. Yuk, kenali berbagai macam penyebab pegal linu dan temukan cara yang tepat untuk mengatasinya.

  • Aktivitas Fisik Berat

Aktivitas fisik yang berat seperti berolahraga, mengangkat beban, atau melakukan pekerjaan melelahkan lainnya bisa jadi penyebab pegal linu. Bahkan jika Anda tidak merasa melakukan pekerjaan berat, namun duduk di depan komputer selama berjam-jam, bisa juga merasakan efek pegal linu tersebut. Hal ini dikarenakan otot-otot Anda menjadi tegang dan kaku. Untuk mengatasinya, dibutuhkan relaksasi otot dengan stretching, cukup beristirahat, atau pemijatan.

  • Terkena virus

Tubuh yang terinfeksi virus juga bisa mengalami gejala berupa pegal linu. Mulai dari penyakit ringan seperti influenza, demam berdarah, hingga infeksi yang lebih parah. Jika pegal linu yang Anda rasakan disertai beberapa gejala lainnya, seperti demam, pusing, hidung berair, timbul bintik merah, dan rasa lemas yang teramat sangat, coba lakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya.

  • Asam Urat

Pegal linu dan nyeri pada persendian bisa jadi salah satu gejala asam urat. Hal ini terjadi karena zat purin terlalu banyak menumpuk pada persendian. Untuk memastikannya, Anda harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

  • Penyakit Persendian

Pegal linu juga bisa disebabkan oleh penyakit persendian parah seperti rematik. Jika memang demikian, Anda harus berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mengatasinya. Biasanya dokter akan menganjurkan Anda mengikuti pola diet tertentu, berolahraga, dan mengonsumsi obat khusus untuk mengurangi gejalanya.

  • Masuk Angin

Meski istilah ‘masuk angin’ tidak diakui secara medis, namun istilah ini sering dgunakan masyarakat untuk menggambarkan kumpulan gejala tidak enak badan yang dialaminya. Salah satunya adalah pegal linu. Menariknya lagi, pegal linu karena ‘masuk angin’ adalah yang paling sering dialami oleh banyak orang. Alasan sebenarnya adalah pembuluh darah Anda sedang menyempit dan mengakibatkan peredaran darah tidak lancar. Akhirnya Anda mengalami pegal linu di sekujur tubuh. Hal ini dipicu ketika tubuh Anda bersinggungan dengan udara dingin, terkena kipas angin atau AC dalam waktu lama, dan sebagainya.

Untungnya pegal linu akibat masuk angin cukup mudah diatasi. Makanlah makanan yang cukup dan hangat, gunakan pakaian hangat, dan minum obat alami pereda pegal linu seperti NEO rheumacyl Oralinu bisa sangat membantu. Kandungan Bupleurum Falcatum dan bahan herbal alam lainnya efektif meredakan nyeri sendi, pegal linu, nyeri akibat encok dan sakit otot pinggang. Kemasan sachet-nya praktis dikonsumsi dimana saja dan kapan saja. Pegal linu reda, aktivitas tidak terganggu. 

Related Article

SENDI

Manfaat Mandi Air Dingin Setelah Berolahraga

Siapa yang sangka jika ternyata mandi menggunakan air dingin setelah berolahraga justru merupakan hal benar dan dianjurkan. ...

Read More

SENDI

Mengapa Olahraga di Dalam Air Lebih Sehat Bagi Persendian

Anda punya problem di seputar persendian? Yuk jadwalkan untuk berolahraga di dalam air ...

Read More

SENDI

Ini Dia Asal Usul 'Kerokan' yang Jadi Pereda Masuk Angin

Teknik pengobatan tradisional yang awalnya berasal dari China pada abad ke-5 hingga 7 ini kemudian merambah beberapa negara Asia lain ...

Read More