...

Hilangkan Pegal dengan Air Hangat

17-May-2017
Share

Mandi air hangat sejak dulu dipercaya punya banyak manfaat baik untuk kesehatan, termasuk untuk Menghilangkan Rasa Pegal. Bahkan ada istilah ‘heat therapy’ untuk menggambarkan cara meredakan cedera atau rasa sakit dengan air hangat. Sebelum mencoba sendiri khasiatnya, Anda perlu tahu mengapa air hangat punya banyak manfaat dan bagaimana Anda menerapkan terapi yang satu ini.

• Baik untuk sirkulasi darah
Aliran darah yang terhambat bisa menimbulkan efek rasa sakit pada tubuh. Panas dapat meningkatkan aliran darah dan memperbaiki sirkulasi darah yang terhambat dengan menghilangkan penumpukan limbah asam laktat.

• Merelaksasi otot
Setelah berolahraga atu melakukan aktivitas berat, cobalah berendam dalam air hangat. Rasa hangat yang mengalir ke tubuh khususnya daerah yang mengalami radang, dapat mengurangi sakit dan membuat otot yang tegang menjadi rileks.

• Ketenangan psikologis
Rasa hangat juga memberi efek psikologis yaitu menenangkan. Itu sebabnya, mandi air hangat bemiliki efek analgesik yang akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan rasa sakit berkurang. Mengaplikasikan heat therapy

• Hangat, bukan panas
Aturlah suhu air menjadi hangat, bukan panas. Air hangat sudah cukup membantu mengurangi pegal di sekujur tubuh. Sedangkan air panas justru bisa menyebabkan stres pada jantung jika Anda memiliki riwayat penyakit cardiovaskular.

• Stretching ringan
Air hangat memang dapat merelaksasi otot. Tetapi jangan hanya berdiam diri. Selama yang Anda rasakan hanya pegal - bukannya cedera serius - coba lakukan peregangan ringan di dalam kolam atau bak mandi Anda. Cara ini akan membuat fleksibilitas otot meningkat, bahkan setelah Anda keluar dari air hangat tersebut.

• Tambahkan garam
Masih banyak orang yang kekurangan magnesium, padahal mineral tersebut penting untuk kesehatan tulang dan jantung. Salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan magnesium Anda adalah dengan mandi berendam air hangat yang dicampur dengan garam mandi yang mengandung magnesium sulfat atau dikenal juga sebagai garam epsom.

• Kompres cedera
Bukan hanya mandi berenda, mengompres bagian yang cedera atau meradang dengan handuk air hangat juga dapat mengurangi bengkaknya. Selain mandi air hangat, Anda juga bisa mengonsumsi NEO rheumacyl Tablet. Kandungan Ibuprofen dan Paracetamol dapat meredakan Nyeri Otot, Nyeri Sendi dan Pegal Linu dengan cepat. NEO rheumacyl merupakan produk heritage yang populer dan terpercaya di Indonesia sejak tahun 1972, terbukti dengan berhasil meraih penghargaan TOP Brand berturut-turut sejak tahun 2010 dan sebagai produk yang paling direkomendasikan konsumen – WOMMA sejak tahun 2009.

Related Article

OTOT

Pereda Nyeri Otot Setelah Berolahraga

Pereda Nyeri Otot Setelah Berolahraga - Nyeri otot adalah reaksi yang normal terjadi jika otot Anda melakukan aktivitas berat. ...

Read More

OTOT

Sering Sakit Pinggang di Sebelah Kiri? Bisa Jadi ini Penyebab Gejala Tersebut

Sering Sakit Pinggang di Sebelah Kiri? Bisa Jadi ini Penyebab Gejala Tersebut - ...

Read More

OTOT

Ini Dia Penyebab Kram Alias Kejang Otot

Ini Dia Penyebab Kram Alias Kejang Otot - Anda mungkin pernah mengalami hal-hal tersebut atau yang biasa dikenal sebagai ...

Read More