...

Makanan yang bermanfaat utk menguatkan persendian

07-March-2017
Share

Selain harus bergerak melatih sendi dan memberi nutrisi Glucosamine dari NEO rheumacyl Joint Care, ternyata mengatur asupan makanan juga bisa menguatkan persendian kita. Nah, untuk Anda yang mengalami masalah radang sendi dan rematik, ada baiknya Anda perbanyak asupan makanan berikut ini:

Ikan
Kandungan Omega-3 yang tinggi pada ikan sangat berguna untuk menambah kesehatan persendian Anda. Ikan yang terdapat di perairan dingin seperti salmon dan sarden adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik. Omega-3 dapat menolong dalam kondisi sakit radang sendi (rheumatoid arthritis) karena bisa menurunkan bengkak penyebab rasa sakit pada sendi.

Kunyit
Tanaman rempah yang satu ini mengandung antioksidan kurkumin yang bisa bantu redakan rasa sakit akibat arthritis ataupun karena persendian yang bengkak. Cara kerjanya, kurkumin akan menghambat penyampaian rasa sakit pada syaraf dan menurunkan efek dari enzim-enzim penyebab bengkak. Agar, Anda bisa memasak ikan dengan bumbu kuning kunyit.

Bawang putih
Jika Anda mengidap masalah persendian, makanan yang dimasak dengan bawang putih bisa membantu Anda. Diallyl disulphine pada bawang putih akan bantu menghambat kerusakan jaringan tulang rawan (kartilago) pada persendian. Selain bawang putih, tumbuhan yang berasal dari keluarga allium lainnya seperti bawang Bombay dan daun bawang juga mengandung senyawa diallyl disulphine. Menurut hasil penelitian, mereka yang teratur mengasup tumbuhan dari keluarga allium tidak menunjukkan gejala dini osteoarthritis. Jadi biasakan makan bawang yuk agar terhindar dari osteoarthritis!

Brokoli
Brokoli yang kaya vitamin C dan K memang dikenal sebagai salah satu sayuran paling menyehatkan. Untuk kesehatan persendian, brokoli juga baik karena mengandung kalsium dan senyawa sulforaphane yang dipercaya dapat mencegah dan memperlambat penyakit sendi Osteoarthritis. Agar lebih efektif menguatkan persendian, akan lebih baik lagi jika sayur brokoli dimasak dengan bawang putih.

Extra-virgin Olive Oil
Minyak zaitun murni mengandung antioksidan polifenol yang bisa meredakan rasa sakit. Selain itu sebuah penelitian dari tahun 2005 membuktikan minyak zaitun mengandung oleocanthal, senyawa yang bisa membantu mencegah enzim penyebab inflamasi. Tunggu apa lagi, yuk langsung tambahkan satu sampai 3 sendok makan minyak zaitun murni saat memasak makanan Anda sehari-hari.

Buah-buahan merah dan ungu
Buah-buahan seperti ceri, apel, buah naga, stroberi dan anggur mendapatkan warna merah dan ungunya dari senyawa antosianin. Antosianin sangat berguna untuk melawan pembengkakan dan bisa membantu meredakan encok di persendian. Khususnya apel, yang juga mengandung antioksidan quercetin yang bisa meredakan rasa sakit pada persendian. Untuk merawat persendian, Anda bisa membuat salad buah dari buah-buahan merah dan ungu, dan diberi dressing minyak zaitun murni.

Related Article

SENDI

Ini Tanda-tanda Sendi Anda Perlu Dirawat

bisa saja tubuh mengirimkan ‘sinyal’ tertentu yang mengisyaratkan sendi-sendi Anda sudah harus mulai dirawat. Lihat tanda-tanda berikut ini! ...

Read More

SENDI

Lebih Fit dengan Olahraga Pound

Lebih Fit dengan Olahraga Pound - Olahraga pound pada dasarnya adalah latihan kardio yang diiringi musik (khususnya lagu dengan entakan ...

Read More

SENDI

Benarkah Membunyikan Sendi Bisa Berbahaya?

Kebiasaan merenggangkan atau membunyikan persendian, seperti menarik buku-buku jari, pergelangan kaki, siku, atau bahkan leher, sudah menjadi kebiasaan sehari-hari bagi ...

Read More