blog 1

ARTIKEL

Ini Dia Penyebab Tubuh Mudah Pegal

Ini Dia Penyebab Tubuh Mudah Pegal

Pegal-pegal dan nyeri otot mungkin sering Anda rasakan. Terutama sehabis melakukan aktivitas yang berat dan melelahkan. Namun jika frekuensi pegal-pegal terjadi terlalu sering, bahkan saat Anda hanya melakukan aktivitas sehari-hari, maka bisa jadi ada sebab lain di balik pegalnya tubuh Anda. Apa sajakah itu?

Kurang Nutrisi Penting

Agar otot merasa rileks, maka tubuh Anda membutuhkan magnesium, sedangkan untuk bekerja dengan baik, tubuh Anda membutuhkan kalsium. Keduanya harus dimiliki tubuh secara seimbang. Jika tidak, maka besar kemungkinan Anda akan mengalami kejang dan kontraksi otot.

Dehidrasi

Kekurangan cairan dapat mengakibatkan pegal dan otot kaku. Otot adalah jaringan yang aktif, yaitu jenis jaringan yang membutuhkan paling air dalam tubuh. Air mengandung elektrolit yang membantu memberikan perintah dari sistem saraf Anda kepada otot dan punggung. Kurangnya air tanpa pada otot akan menyebabkan menurunkan kemampuan untuk berkomunikasi dengan otak dan bisa jadi menyebkan otot-otot Anda tidak bekerja dengan semestinya.  

Tidak Aktif

Jika tubuh Anda tidak aktif dalam waktu yang lama—misalnya terlalu banyak tidur, duduk dalam waktu yang panjang, dan sebagainya, bisa jadi penyebab kekakuan otot Anda. Maka dari itu, upaya untuk tetap aktif bergerak atau lakukan peregangan secara berkala.

Stres

Penyebab lain dari nyeri otot adalah stres. Saat berada dalam keadaan stress, maka tubuh kita akan berada dalam posisi siaga untuk melawan atau lari dari situasi tersebut. Jika stres yang Anda alami berkepanjangan, maka seseorang akan mempertahankan postur tubuh siaga tersebut hingga terjadi ketegangan dan kekakuan pada otot.

Olahraga

Jika Anda sudah terbiasa berolahraga, maka tidak masalah. Namun jika Anda sudah lama tidak ‘bergerak’ lalu memutuskan untuk mulai berolahraga lagi, maka bersiaplah mengalami pegal dan nyeri otot. Pasalnya, saat Anda selama ini tidak berolahraga, otot-otot Anda telah kehilangan masanya. Olahraga kembali akan membuat otot Anda kaget dan berusaha beradaptsi lagi dengan kegiatan baru sehingga terasa pegal—bahkan sakit. Tidak apa-apa, lanjutkan saja latihan Anda, lambat laun otot Anda akan terbiasa. Tapi jangan terlalu dipaksakan ya, bisa-bisa malah tubuh Anda yang cedera.

SHARE ON :