blog 1

ARTIKEL

Tidak perlu panik saat sedang beraktivitas kamu jatuh, terbentur, kena pukulan atau salah urat yang berakibat memar pada otot dan sendi. Memar terjadi saat benturan memecahkan pembuluh darah di dekat permukaan kulit dan darah mengalir ke dalam jaringan di

Siap Hadapi Aktivitas

Tidak perlu panik saat sedang beraktivitas kamu jatuh, terbentur, kena pukulan atau salah urat yang berakibat memar pada otot dan sendi. Memar terjadi saat benturan memecahkan pembuluh darah di dekat permukaan kulit dan darah mengalir ke dalam jaringan di sekitarnya. Biasanya terdapat tanda berupa benjolan pada bagian yang terantuk yang kadang disertai warna biru tua.

Pada beberapa kasus, jika hanya memar ringan akan pudar dengan sendirinya. Namun, demikian jangan lantas menganggap ringan bila mengalami memar pada otot dan sendi. Ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mempercepat hilangnya memar pada otot dan sendi.
Langkah ini dikenal sebagai metode RICE yakni singkatan Rest, Ice, Compression, dan Elevation agar mudah diingat. Metode ini makin cepat diterapkan pada saat mengalami cedera, makin efektif hasilnya.

- Tindakan Rest – Beristirahatlah. Jangan menggerakkan otot-otot yang dapat meningkatkan aliran darah ke area memar untuk mencegah cedera lebih jauh. Lindungi wilayah otot yang cedera, misalnya gunakan penopang jika terasa sakit saat menahan beban.
- Tindakan Ice – Tempelkan/ kompres area yang memar dengan es. Menempelkan sesuatu yang dingin pada memar otot akan mengurangi pembengkakan, nyeri, dan memar serta membantunya sembuh lebih cepat.
- Tindakan Compress – Tekan bagian yang mengalami cedera dengan menggunakan perban khusus. Hal ini dapat mengurangi pembengkakan di sekitar bagian tubuh yang terbentur. Balutan harus rapi dan tidak terlalu ketat agar tidak menimbulkan mati rasa atau malah menamabh rasa sakit.
- Tindakan Elevation – Naikkan area yang memar ke tempat yang lebih tinggi di atas jantung. Teknik ini mengacu prinsip bejana berhubungan dan berguna untuk mengurangi pembengkakan pada bagian cedera.

Selama menjalani metode RICE ada baiknya juga kalau berjemur. Cobalah mendapatkan sinar matahari langsung selama 10 -15 menit setiap hari. Jumlah ini cukup untuk membantu memudarkan memar tanpa membakar kulit.

Selain itu, oles dan gosok pada area yang cedera dengan menggunakan NEO rheumacyl Anti Inflammation untuk meredakan nyeri tak tertahankan, bengkak dan memar pada otot dan sendi. Mengandung Diclofenac diethylammonium untuk mengatasi berbagai keadaan dengan inflamasi (peradangan) di otot & urat serta sendi yang berhubungan dengan radang otot, akibat trauma seperti salah urat, terkilir dan memar serta radang sendi.

Seperti diuraikan di atas, memar memang bukan penyakit yang membahayakan atau berat. Namun, memar pada otot dan sendi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari yang pada gilirannya bisa mengurangi produktivitas kerjamu, bahkan bisa mengganggu performamu di kantor.

Karena itu, sediakan selalu NEO rheumacyl Anti Inflammation untuk berjaga-jaga bila mengalami nyeri, bengkak, dan memar pada otot dan sendi. Jadi kapanpun dan di manapun siap menghadapi segala aktivitas/ pekerjaan.

SHARE ON :

blog 1

ARTIKEL LAINNYA