Apa yang Harus Dilakukan Saat Manula Terjatuh?

Apa yang Harus Dilakukan Saat Manula Terjatuh?

07-March-2017
Share

Terjatuh tentu saja bisa membuat tubuh terasa sakit, terluka, atau bahkan cedera. Lalu bayangkan jika yang terjatuh adalah seseorang yang sudah berusia lanjut? Tentu dampaknya akan lebih serius. Namun kenyataannya, kasus manula yang terjatuh juga kerap terjadi karena kondisi fisik mereka yang tidak lagi prima. Lalu, bagaimana jika manula terdekat kita sampai terjatuh? Misalnya orangtua, atau kakek dan nenek kita. Tindakan apa yang sebaiknya dilakukan? Berikut adalah tipnya.

Hindari Memijat
Saat ada bagian tubuh yang keseleo, sebagian orang terbiasa memijatnya untuk meredakan rasa sakit sekaligus ‘meluruskan’ urat dan persendian. Namun hati-hati, pijatan yang salah justru bisa menyebabkan cedera bertambah parah, apalagi pada orang berusia lanjut. Sebaiknya hindari memijat dan gantilah dengan mengompresnya dengan es batu selama 2-3 menit untuk meredakan nyeri dan pembengkakan.

Pemindaian Tulang
Wajar jika setelah jatuh, bagian tubuh jadi terasa nyeri. Namun dikhawatirkan, nyeri tersebut bukanlah nyeri biasa yang akan segera hilang. Namun indikasi awal dari cedera yang lebih parah seperti pergeseran sendi, retak, dan patah tulang. Lebih baik, lakukan pemeriksaan menyeluruh dengan pemindaian tulang seperti X-ray, CT Scan, MRI, dan Bone Scan. Dengan begitu dapat diketahui ting keparahan cedera dan dapat dilakukan pengobatan yang tepat.

Fisioterapi
Setelah pengobatan yang tepat dilakukan dan cedera mulai membaik, lakukanlah pemulihan dengan cara fisioterapi. Jenis fisioterapi yang dilakukan tergantung dengan jenis cedera yang dialami. Ada program latihan yaitu teknik memperbaiki postur tubuh, memperkuat otot, latihan kardiovaskular, dan peregangan. Teknik elektroterapi dengan daya listrik, fisioterapi manual seperti pemijatan oleh ahli, peregangan, dan pelatihan resistensi tubuh, serta mobilisasi dan manipulasi sendi, atau latihan menggunakan alat bantu tertentu (jika diperlukan). Fisioterapi dapat dilakukan di pusat rehabilitasi atau di rumah, tergantung jenis cedera dan anjuran dokter Anda.

Perawatan Sendi
Selama cedera Anda tidak melibatkan retak dan patah tulang, obati saja deja dengan NEO rheumacyl Anti Inflammation yang efektif meredakan nyeri tak tertahankan, nyeri otot dan sendi yang disertai bengkak, kemerahan dan radang sendi sehingga pergerakan menjadi lancar kembali. Jika sudah pulih, rawat kesehatan persendian dengan NEO rheumacyl Joint Care yang mengandung Glucosamine, MSM, Methyl Salicylate yang berguna untuk meredakan nyeri sendi dan memelihara kesehatan persendian.

Related Article

SENDI

Penyebab dan Cara Mengatasi Trigger Finger atau Nyeri Sendi pada Jari

Keluhan yang muncul biasanya berupa rasa nyeri di pangkal jari saat menekuk atau meluruskan jari tangan, bahkan timbul benjolan di ...

Read More

SENDI

Hindari 5 Kebiasaan Penyebab Masuk Angin yang Bisa Bikin Otot dan Sendi Ikutan Nyeri

alam dunia medis sendiri istilah masuk angin tidak dikategorikan sebagai salah satu penyakit, melainkan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh berkurangnya ...

Read More

SENDI

5 Tips Mempersiapkan Diri Kembali Beraktivitas Pasca Pandemi, Salah Satunya dengan Obat Herbal!

Anda kembali bersiap untuk beraktivitas di luar, khususnya di tempat kerja seperti biasanya? Berikut 5 Tips Mempersiapkan Diri Kembali Beraktivitas ...

Read More