Hindari Pegal dengan Posisi Tidur yang Tepat

Hindari Pegal dengan Posisi Tidur yang Tepat

07-March-2017
Share

Anda sering merasa tidur malam Anda belum cukup karena badan pegal-pegal? Eits, tunggu dulu. Mungkin masalah ini bukan disebabkan waktu tidur yang kurang, tapi justru karena posisi Anda saat tidur ternyata kurang pas. Jangan dianggap sepele, salah tidur bisa menyebabkan nyeri pada otot leher dan punggung. Kualitas tidur Anda pun jadi buruk. Yuk hindari dengan tips berikut ini :

Perhatikan bantal Anda
Bantal yang terlalu keras dan tinggi dapat menyebabkan leher terlalu tegang. Tak heran ketika Anda bangun di pagi hari, bukannya merasa segar Anda malah sakit leher. Pilihlah bantal yang cenderung tipis dan empuk, dan gantilah setelah beberapa tahun jika sudah tidak bisa menopang lagi. Anda juga bisa mencoba bantal memory foam yang didesain khusus mengikuti kontur kepala dan leher. Jika Anda suka tidur menyamping, pakai bantal yang bisa menyangga leher Anda agar Anda bisa bangun tanpa gangguan nyeri leher.

Tidur terlentang
Tidur terlentang adalah posisi terbaik agar bisa bangun tanpa rasa pegal. Tidurlah dengan badan lurus, kaki dibuka selebar bahu, dan leher lurus ke depan. Lebih baik lagi jika Anda menyangga lekukan pada bagian punggung bawah dengan cara menyelipkan lipatan selimut, gulungan handuk, atau bantal tipis. Hal ini bisa membantu mengurangi rasa pegal dan sakit punggung setelah tidur malam. Anda juga bisa mencoba menyangga lutut Anda dengan bantal yang empuk.

Gunakan guling
Ternyata guling punya manfaat yang sudah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kualitas tidur kita lho! Tidur menyamping dengan disangga guling dapat meredakan pegal pada kaki. Tempatkan guling di antara betis dan peluk guling dengan kedua tangan yang rileks.

Jangan tidur tengkurap
Tidur dengan posisi tengkurap adalah salah satu penyebab utama badan terasa pegal setelah tidur malam. Alasannya ada banyak. Salah satunya karena posisi tulang punggung yang bergeser dari posisi normal. Dalam kondisi normal, tulang punggung memiliki sudut lengkungan alami. Jika kita tidur tengkurap, gravitasi akan menarik tulang kita ke depan dan lengkungan tulang belakang pun jadi berubah. Namun jika Anda tak bisa tidur karena terlalu terbiasa tengkurap, Anda bisa menyesuaikan dengan meletakkan bantal empuk di bawah tulang pinggul untuk menyangga tulang belakang.

Related Article

SARAF OTOT

Penyebab Kaki Terasa Kram Kesemutan yang Seringkali Diabaikan

Anda tentunya pernah merasakan kesemutan pada kaki. Kesemutan biasanya terjadi saat Anda terlalu lama duduk bersila atau duduk dengan menekuk ...

Read More

SARAF OTOT

Sering Merasa Kram, Kebas, dan Kesemutan? Hati-hati, Mungkin Penyakit ini Penyebabnya

Kesemutan yang berlangsung singkat berbeda dengan kesemutan kronis atau yang sifatnya sering kambuh. ...

Read More

SARAF OTOT

Jarang Disadari, 4 Kebiasaan Ini Adalah Penyebab Jari Tangan Terasa Kram, Kebas dan Kesemutan

Jari tangan yang terasakram,kebas, dam kesemutan seringkali muncul secara tiba-tiba dan menghilang begitu saja tanpa Anda ketahui penyebabnya. ...

Read More