blog 1

ARTIKEL

Berikut beberapa tips sederhana yang dapat membantu mengatasi pegal linu dan nyeri otot tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

Sering Pegal Linu dan Nyeri Otot? Berikut Tips Sederhana untuk Mengatasinya

Kesehatan tubuh adalah aset berharga yang harus dijaga. Sayangnya, dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali menghadapi masalah pegal linu dan nyeri otot. Rasa tidak nyaman ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan kualitas hidup kita. Daripada mengandalkan obat-obatan yang seringkali memiliki efek samping, ada beberapa tips sederhana yang dapat membantu mengatasi pegal linu dan nyeri otot tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

 

1. Pijat dan Terapi Otot

Jika Anda merasa pegal linu, cobalah untuk melakukan pijatan lembut pada area yang terasa nyeri. Pijatan dapat membantu mengendurkan otot yang tegang dan meningkatkan aliran darah ke daerah tersebut. Selain itu, terapi otot seperti akupunktur atau refleksi dapat membantu meredakan nyeri otot.

 

2. Rutin Berolahraga

Berolahraga secara teratur adalah cara terbaik untuk mencegah pegal linu dan nyeri otot. Aktivitas fisik seperti jalan kaki, bersepeda, atau berenang dapat memperkuat otot dan menjaga fleksibilitas tubuh. Pastikan untuk memilih olahraga yang sesuai dengan kondisi fisik Anda. Jalan santai 15-20 menit per hari juga dapat anda jadikan alternatif untuk menambah aktivitas fisik setiap harinya.

 

3. Perhatikan Postur Tubuh

Seringkali, pegal linu dan nyeri otot disebabkan oleh postur tubuh yang salah. Cobalah untuk selalu duduk atau berdiri dengan postur yang benar, dan pastikan tempat duduk atau kasur Anda mendukung postur yang baik. Dengan memperbaiki postur tubuh, Anda dapat mengurangi tekanan pada otot dan tulang.

 

4. Konsumsi Makanan Sehat

Nutrisi berperan penting dalam kesehatan otot dan sendi. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium, magnesium, dan protein. Kalsium dan magnesium membantu memelihara kekuatan otot dan tulang, sementara protein membantu dalam proses regenerasi otot.

 

5. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup adalah kunci penting dalam mengatasi pegal linu dan nyeri otot. Ketika tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup, otot menjadi rentan terhadap kerusakan dan peradangan. Pastikan Anda tidur sekitar 7-9 jam setiap malam untuk memungkinkan tubuh pulih sepenuhnya.

 

6. Perbanyak Minum Air

Dehidrasi menimbulkan ketidakseimbangan elektrolit tubuh sehingga otot tidak bisa relaks dan tetap tegang. Hal ini membuat otot menjadi lebih rentan cedera dan nyeri.  Pastikan untuk minum cukup air setiap hari, terutama jika Anda beraktivitas fisik atau berada di cuaca panas.

 

7. Persiapkan krim pereda nyeri

Jika Anda termasuk orang yang sering mengalami nyeri otot secara berulang. Ada baiknya Anda mempersiapkan pereda nyeri kemanapun Anda pergi. Gunakan NEO rheumacyl EXTRA HOT CREAM Tube yang memiliki panas extra dan cepat meresap untuk meredakan pegal linu dan nyeri otot. Dengan selalu menyediakan krim preda nyeri, Anda dapat bertindak cepat saat nyeri otor muncul. Namun jika nyeri berlangsung lama dan tak kunjung hilang, petimbangkan untuk berkonsultasi kepada profesional medis.

 

Artikel Lainnya: Restless Leg Syndrome, Benarkah Sebuah Gangguan Neurologis?

SHARE ON :