...

Postur Duduk ini Ternyata Bikin Nyeri Punggung

19-January-2018
Share

Apakah belakangan ini Anda sering merasakan nyeri punggung? Hati-hati kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh kebiasaan posisi duduk Anda yang salah sehari-hari. Nyeri punggung memang terkesan sepele, namun sebenarnya tidak boleh disepelekan. Sebab, kondisi tersebut dapat menyulitkan tubuh dalam melakukan aktivitas sehari-hari sehingga sangat menurunkan kualitas hidup dan perkerjaan.

Nyeri punggung sendiri dapat diakibatkan karena berbagai hal, diantaranya; peradangan yang dipicu oleh penyempitan ruang saraf pada tulang punggung karena pengapuran, atau rusaknya sendi pada tulang punggung yang kemudian keluar menekan saraf. Namun, ada pula nyeri punggung yang dipicu oleh aktivitas sehari-hari yang sering kita lakukan, misalnya posisi duduk yang tidak sesuai. Jadi, posisi duduk seperti apa saja yang dapat menyebabkan nyeri pada punggung? Ini penjelasannya!

Posisi #1 : Duduk Tegak

Siapa yang sangka jika posisi duduk yang selama ini kebanyakan orang anggap benar ternyata juga dapat menyebabkan nyeri pungung. Posisi duduk yang benar dapat meningkatkan risiko nyeri punggung jika dilakukan dalam waktu lama tanpa selingan di antaranya. Misalnya, duduk di depan monitor dengan posisi tegak namun dilakukan selama 4 jam tanpa ada jeda. Solusinya, berilah jeda setidaknya 30 menit sekali untuk stretching atau mengubah posisi duduk Anda.

Posisi #2 : Membungkuk

Efek dari kebiasaan duduk membungkuk dapat merubah kurva tulang belakang. Perubahan kurva tulang belakang tidak hanya dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan, tetapi juga dapat mengurangi kemampuan tulang belakang Anda dalam mengatasi goncangan serta menjaga keseimbangan.

Posisi #3 : Miring

Terlalu sering duduk dengan posisi miring tidak hanya dapat menimbulkan nyeri punggung. Tetapi juga dapat menyebabkan kelainan posisi tulang atau Skoliosis. Dalam bidang ortopedi Skoliosis dapat diartikan sebagai kondisi melengkungnya tulang belakang ke samping secara tidak normal. Pada kondisi tertentu posisi duduk miring juga dapat mengakibatkan postur bahu yang tidak sejajar.

Untuk menanggulangi nyeri punggung Anda dapat melakukan gerakan-gerakan yang membantu menjauhkan dari nyeri punggung. Salah satunya yaitu berbaring dengan posisi punggung lurus, kemudian mengangkat salah satu lutut ke arah dada, dengan posisi kaki lainnya tetap lurus. Lakukan juga stretching ringan di sela-sela aktivitas Anda.

Untuk pertolongan pertama, atasi nyeri punggung dengan NEO rheumacyl Koyo Hangat. Kandungan 3 Action efektif meredakan nyeri otot, nyeri sendi, pegal linu, keseleo, terkilir, dan nyeri bagian tubuh lainnya. Hangatnya pas dan cepat meresap serta tidak berbekas.

Related Article

SARAF OTOT

5 Aktivitas ini Memang Bikin Nyeri Otot, Tapi Seru Banget Dilakukan Bareng Keluarga

5 Aktivitas ini Memang Bikin Nyeri Otot, Tapi Seru Banget Dilakukan Bareng Keluarga - lebih seru lagi jika dilakukan bersama ...

Read More

SARAF OTOT

Mengenal Sindrom Kaki Datar

Mengenal Sindrom Kaki Datar - Jika telapak kaki Anda termasuk datar, berarti Anda mengalami sindrom kaki datar atau flat feet. ...

Read More

SARAF OTOT

Obat Pereda Nyeri Otot Mana yang Cocok untuk Anda

Obat Pereda Nyeri Otot Mana yang Cocok untuk Anda - Coba cari tahu jenis nyeri yang Anda alami dan pilih ...

Read More