Jenis-jenis Yoga yang Bisa Anda Coba

Jenis-jenis Yoga yang Bisa Anda Coba

06-October-2017
Share

Dewasa ini yoga dikenal sebagai suatu bentuk olahraga dan juga gaya hidup bagi sebagian orang. Jika ditelusuri lebih dalam, yoga bukan hanya sekadar menggerakan tubuh dengan lentur tetapi memiliki banyak manfaat kesehatan baik dari segi fisik maupun emosional. Mungkin banyak dari Anda yang belum tahu, bahwa gerakan yoga memiliki ragam ‘aliran’ dengan ciri khas serta manfaat yang berbeda-beda. Berikut ini adalah aliran yoga secara garis besar yang bisa Anda coba. Silakan pilih, mana yang paling sesuai untuk Anda.

Vinyasa
Kelas Vinyasa dikenal karena praktik gerakannya yang dinamis dan intensif. Guru Vinyasa akan membuat urutan gerak saat latihan agar lancar beralih dari satu pose ke pose lainnya. Tujuannya agar bisa menghubungkan antara penapasan dan gerakan. Musik sering digunakan sebagai pengiring saat latihan untuk menjaga suasana agar tetap hidup.

Cocok untuk: Mereka yang tidak menyukai rutinitas, cocok untuk menerapkan jenis yoga ini sebab gerakan Vinyasa yang dinamis akan membuat Anda tertantang dan tidak mudah bosan.

Restorative (Yin)
dikenal Yoga restorative juga sebagai yin yoga. Dalam praktiknya, yin yoga melibatkan beberapa properti penunjang seperti guling, balok rintang, dan juga selimut atau kain untuk memudahkan para pesertanya melakukan berbagai pose tanpa harus berusaha terlalu keras. Yoga restorative yang dilakukan memiliki efek menyegarkan tubuh—lebih dari tidur siang.

Cocok untuk: Mereka yang menginginkan tubuh rileks dan istirahat yang berkualitas.

Iyengar
Yoga iyengar adalah yoga yang menuntut keselarasan dan ketepatan dalam berpose. Untuk mencapai hal tersebut, berbagai properti penunjang yoga akan disediakan di dalam studio. Sebut saja guling, balok rintang selimut, tali pengikat, dan kursi yang sering digunakan.Tidak banyak gerakan melompat dalam yoga iyengar sehingga kerja jantung Anda tidak akan terlalu berat. Namun jangan salah, Anda akan merasakan sendiri bagaimana fisik dan mental Anda ditantang untuk terus bertahan hingga latihan selesai.

Cocok untuk: Mereka yang memiliki kondisi fisik khusus atau sedang cedera. Latihan yoga iyengar dapat membuat Anda pulih lebih cepat karena dapat meringankan sakit dan mengencangkan otot.

Hatha
Yoga hatha adalah istilah yang mengacu pada jenis yoga yang mengajarkan postur fisik. Hampir semua jenis kelas yoga yang diajarkan di Barat adalah yoga hatha. Anda mungkin tidak akan berkeringat di kelas yoga hatha, tapi Anda akan meninggalkan kelas dengan perasaan lebih hidup, segar, dan santai.

Cocok untuk: Mereka yang baru mencoba yoga.

Bikram
Bikram adalah yoga yang dilakukan di dalam ruangan bersuhu panas. Di kelas bikram, Anda akan berkeringat, lebih dari yang pernah Anda rasakan, setelah melewati 26 pose yoga. Yoga bikram mengajarkan pose-pose yang sama pada setiap putarannya. Kondisi kelas yang panas membuat Anda kehilangan banyak cairan tubuh, jadi jangan lupa membawa air minum ya!

Cocok untuk: Mereka yang ingin membakar banyak kalori.

Ashtanga
Yoga ashtanga hampir serupa dengan yoga vinyasa karena setiap gerakan terhubung dengan ritme pernapasan. Bedanya, ashtanga memiliki pose dan urutan yang sama persis, sedangkan vinyasa dinamis. Latihan yoga ashtanga akan membuat Anda berkeringat dan cukup berat secara fisik. Oleh karena itu siapkan handuk dan matras yoga yang berkualitas.      

Cocok untuk: Melatih fisik menjadi lebih tangguh.

Anusara
Yoga yang satu ini terbilang cukup ‘baru’ dalam dunia yoga. Prinsip dasarnya adalah keyakinan bahwa setiap manusia memiliki kebaikan dari dalam jiwa. Tujuan dari latihan ini adalah membantu para pesertanya agar dapat membuka hati dan menggali kebaikan dalam batin mereka sehingga lebih bersinar.

Cocok unttuk: Mereka yang mencari ketenangan lahir dan batin.

Gerakan yoga memang menuntut kelenturan tubuh. Jika Anda termasuk pemula, mungkin awalnya terasa sulit membiasakan diri. Tak jarang yogist (sebutan orang yang melakukan yoga) pemula juga mengalami cedera saat latihan seperti nyeri saraf otot dan kram misalnya. Jika ini terjadi pada Anda, jangan langsung kapok latihan, Atasi dengan minum NEO rheumacyl Neuro. Mengandung Ibuprofen yang meredakan nyeri saraf otot, pegal, kram dan kesemutan serta Vitamin B1, B6 dan B12 yang dapat menjaga kesehatan saraf. Setelah nyeri berhasil ditangani, Anda pun siap latihan lagi!

Related Article

SARAF OTOT

3 Penyebab Sakit Pinggang Juga Dialami Anak Muda

3 Penyebab Sakit Pinggang Juga Dialami Anak Muda - Sakit pinggang, encok, maupun gangguan saraf otot dan sendi lainnya kerap ...

Read More

SARAF OTOT

4 Gerakan untuk Redakan Sakit Pinggang Sebelah Kiri

4 Gerakan untuk Redakan Sakit Pinggang Sebelah Kiri - Bahkan ada beberapa gerakan olahraga yang bisa merelaksasi dan melenturkan pinggang ...

Read More

SARAF OTOT

Posisi Yoga untuk Atasi Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Posisi Yoga untuk Atasi Sakit Pinggang Sebelah Kanan - Salah satu penyebab Anda sering mengalami sakit pinggang adalah karena Anda ...

Read More