...

Persiapkan ini Agar Sukses Menjadi Pelari Pemula Tanpa Nyeri Sendi

21-February-2018
Share

Apakah kamu berencana memulai good habits dengan olahraga jogging, ataukah ingin mengikuti kegiatan marathon sebagai seorang pemula? Kenyataannya meskipun lari adalah jenis olahraga yang baik bagi kesehatan, tetapi tanpa persiapan dan permulaan yang baik, justru dapat mengakibatkan cedera lho. Nah, kiat-kiat apa saja yang bisa jadi pegangan pelari pemula, agar sukses tanpa mengalami cedera atau nyeri sendi? Simak pembahasan berikut.

Langkah #1: Pemanasan

Olahraga lari merupakan jenis olahraga yang mudah diakses oleh siapapun dan kapanpun. Tetapi, dibutuhkan trick dan kiat khusus sebelum mulai berlari. Anda wajib melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk menghindari risiko cedera. Lakukan pemanasan setidaknya lima menit dengan peregangan otot, jalan kaki ringan, jalan kaki di tempat, atau naik turun tangga.

Langkah #2: Kenakan Sepatu dan Pakaian yang Nyaman

Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan olahraga lari, adalah pastikan Anda mengenakan sepatu yang nyaman dan pas (tidak kekecilan, dan tidak kebesaran). Sepatu yang pas dan nyaman, akan menghindarkan Anda dari cedera akibat jatuh atau terkilir. Selain sepatu nyaman, kenakanlah pakaian nyaman yang mampu menyerap keringat saat berlari dan memudahkan kulit bernapas. Hal ini dikarenakan lemak yang terbakar akan menghasilkam cairan yang dikeluarkan sebagai keringat lewat pori-pori kulit.

Langkah #3: Mulai Lari Secara Perlahan

Jangan berangan terlalu jauh untuk mencapai jarak lari 1000 km seperti pelari terlatih di awal masa latihan Anda. Sebaiknya bagi pelari pemula agar otot tidak kaget awali latihan berlari dengan jalan cepat, kemudian lari dalam durasi 3, 5, hingga 10 menit secara rutin dengan kecepatan rendah hingga stabil, agar tidak cepat lelah dan kehabisan nafas. Cobalah berlari di atas treadmill atau sekedar mengelilingi area rumah atau taman kota.

Langkah #4: Pacu Motivasi Anda Lagi!

Ada kalanya semangat Anda akan kendur saat di tengah jalan masa berlatih. Tetapi pacu terus motivasi dengan mengingat kembali  apa tujuan Anda berlatih dan memulainya. Jangan lupa goal untuk hidup lebih sehat di tahun baru ini harus dapat terlaksana.

Langkah #5: Makanan Sehat dan Air Mineral

Untuk dapat menyeimbangi sesi berlatih Anda, cukupi gizi dengan mengonsumsi makanan rendah lemak yang dapat meningkatkan energi Anda selama berlatih. Konsumsi sayuran, biji-bijian, dan buah-buahan. Serta penuhi cairan tubuh yang terbuang selama latihan berlari dengan minum air putih 8 hingga 12 gelas per hari.

Langkah #6: Pain Relief Cream

Bagi seorang pelari pemula, intensitas latihan tentunya akan membuat sebagian tubuh, terutama bagian; paha, kaki dan betis dapat mengalami nyeri sendi. Tetapi jangan menyerah, karena hal ini merupakan pertanda baik bahwa tubuh Anda mulai menjadi aktif dan fit. Karenanya jangan biarkan nyeri otot & sendi menghentikan tekad kamu untuk menjadi seorang pelari aktif terhenti, oleskan NEO rheumacyl Cream efektif meredakan nyeri otot & nyeri. Sehingga latihan berlari menjadi lancar kembali.

Tantangan berat di awal latihan mungkin akan membuat Anda gentar, tetapi jangan menyerah demi mencapai tubuh yang sehat dan bugar. Karenanya ikuti kiat-kiat diatas dan tambah durasi latihan, setiap Anda sudah menguasai durasi waktu tertentu. Selamat mencoba dan semoga sukses! 

Related Article

OTOT

Sering Sakit Pinggang di Sebelah Kiri? Bisa Jadi ini Penyebab Gejala Tersebut

Sering Sakit Pinggang di Sebelah Kiri? Bisa Jadi ini Penyebab Gejala Tersebut - ...

Read More

OTOT

Ini Dia Penyebab Kram Alias Kejang Otot

Ini Dia Penyebab Kram Alias Kejang Otot - Anda mungkin pernah mengalami hal-hal tersebut atau yang biasa dikenal sebagai ...

Read More

OTOT

Atasi Sakit Pada Tulang Belakang dengan Cara Ini

Atasi Sakit Pada Tulang Belakang dengan Cara Ini - Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan peregangan ringan, fisioterapi, pemijatan oleh tenaga ...

Read More