blog 1

ARTIKEL

Jika ingin memiliki tubuh yang ideal, olahraga memang adalah suatu keharusan. Namun, tanpa persiapan yang benar, resiko cedera seperti keseleo dan otot memar bisa terjadi

Olahraga Rawan Cedera dan Cara Penyembuhannya

Jika ingin memiliki tubuh yang ideal, olahraga memang adalah suatu keharusan. Namun, tanpa persiapan yang benar, resiko cedera seperti keseleo dan otot memar bisa terjadi. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh olahraga yang sangat rawan mengalami cedera seperti otot memar:

1. Muay Thai – Dengan tekniknya yang banyak menggunakan pukulan dan tendangan, tidak aneh kalau olahraga yang satu ini sangat rawan cedera. Penting sekali untuk mempelajari semua gerakan dasar dan memakai perlengkapan yang sesuai sebelum berlatih Muay Thai.
2. Weight Lifting – Jika ingin membentuk otot atau memperbaiki postur tubuh, angkat beban mungkin adalah jawabannya. Namun jika teknik dan eksekusinya tidak benar, olahraga yang satu ini bisa sangat berbahaya. Tidak hanya otot memar, tetapi pergelangan terkilir, kram otot, dan bahkan patah tulang juga dapat terjadi. Maka itu, ada baiknya jika melakukan konsultasi dulu dengan PT (personal trainer) tentang cara penggunaan dan teknik yang tepat sebelum mencoba olahraga angkat beban.
3. Soccer – Para penggemar olahraga yang satu ini pasti tahu bahwa kata ‘cedera’ tidak pernah jauh dari para pemain. Tergolong contact sport, sepakbola memerlukan kontak fisik di antara para pemain sehingga memperbesar kemungkinan cedera. Untuk menghindarinya, gunakanlah perlengkapan perlindung seperti shin guard dan ankle brace.
4. Tennis – Tidak hanya contact sports seperti sepakbola dan Muay Thai, ternyata non-contact sports juga dapat menyebabkan otot memar. Bermain tenis terlalu lama tanpa beristirahat dapat menyebabkan tennis elbow, cedera atau memar pada siku atau bagian lengan bawah.

Walaupun memar cenderung tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya, sakit yang dihasilkan oleh cedera ini terkadang bisa tak tertahankan. Jika kamu mengalami cedera memar saat berolahraga, jangan dulu panik. Lakukan ini:

1. Setelah mengalami cedera, berhenti berolahraga dan hindari aktivitas yang memberatkan bagian yang cedera. Sebaiknya, fokus saja terhadap istirahat.
2. Redakan rasa sakit dengan menggunakan kompres es di bagian memar selama 10 sampai 20 menit.
3. Untuk mengurangi pembengkakan, tekan bagian cedera dengan menggunakan perban atau kompres. Pastikan perban tidak terlalu ketat agar tidak menambahkan rasa sakit atau mati rasa.
4.  Mengangkat bagian cedera lebih tinggi daripada jantung adalah salah satu cara lain untuk meredakan pembengkakan. Jika bagian cedera tidak bisa diangkat, posisikan agar sejajar dengan tanah.

Setelah itu, kamu juga bisa mengoleskan NEO rheumacyl Anti Inflammation kepada bagian yang cedera. Mengandung analgesik dan anti-inflamasi, NEO rheumacyl Anti Inflammation efektif mengurangi pembengkakan dan juga mengurasi rasa sakit yang ditimbulkan oleh cedera sehingga dapat mempercepat penyembuhan.

SHARE ON :