...

Melawan Serangan Nyeri & Pegal Akibat Terlalu Lama Duduk

07-March-2017
Share

Saat ini sudah menjadi hal yang biasa bila para pekerja dihadapkan keadaan yang "memaksanya" harus duduk di balik komputer seharian. Paling tidak delapan jam sehari mereka duduk di meja komputer tanpa melakukan banyak gerakan lain. Belum lagi kalau bekerja overtime, bisa lebih dari delapan jam sehari duduk di depan meja komputer.

Banyak yang kurang menyadari, kalau intensitas duduk yang terlalu lama saat bekerja di kantor dapat mengganggu kesehatan dan menyebabkan nyeri dan pegal, di antaranya:

- Gangguan fungsi metabolik – Duduk terlalu lama sampai berjam-jam dapat mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh. Keadaan ini akan mengakibatkan pada masalah kesehatan secara keseluruhan.
- Sakit punggung – Salah satu akibat duduk terlalu lama adalah sakit punggung bagian bawah atau bagian tulang belakang secara keseluruhan. Hal ini terjadi, karena otot menjadi kaku akibat duduk terlalu lama.
- Nyeri di tengkuk dan pundak – Duduk dalam posisi tegak berjam-jam akan menimbulkan rasa nyeri pada bagian tengkuk dan pundak. Rasa sakit ini disebabkan, karena adanya peradangan pada bagian sendi tulang belakang.

Meskipun berdampak pada kesehatan, bukan berarti kita harus mengurangi jam kerja yang berakibat menurunnya produktivitas kerja. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari gangguan kesehatan akibat duduk terlalu lama antara lain:

- Banyak minum air putih – Hal ini dapat membantu memperlancar metabolisme dalam tubuh. Selain itu, langkah ini juga menyiasati agar kita dapat beraktivitas fisik ringan seperti berjalan saat mengambil air minum.
- Lakukan peregangan tiap 30 menit – Kegiatan ini untuk mengurangi resiko sakit punggung. Gerakannya bisa meniru gerakan senam atau cukup berjalan keliling ruangan.
- Gunakan kursi yang nyaman – Tempat duduk yang nyaman atau ergonomis harus bisa menopang rangka tubuh dalam posisi yang natural, sehingga tidak ada beban berlebih di satu titik.
- Kendurkan otot secara berkala – Para ahli kesehatan menyarankan agar disela-sela mengetik, sekali waktu tangan harus diistirahatkan dengan memindahkannya dari keyboard ke pangkuan selama beberapa detik atau sesekali angkat bahu lalu turunkan lagi dan ulangi beberapa kali.

Selain melakukan hal di atas, untuk meredakan nyeri otot dan pegal di tengkuk dan pundak, kamu bisa menggunakan NEO rheumacyl Liniment Neck & Shoulder. Obat oles berbentuk cair, sehingga khasiatnya cepat meresap. Bentuk botolnya ergonomis mudah menjangkau bagian yang sulit sekaligus dapat digunakan untuk self-massage.

Sedangkan sponge applicator berfungsi untuk mengoleskan cairan tanpa meninggalkan aroma di tangan. Dengan sensasi hangat dan aroma relaksasi nya, NEO rheumacyl Liniment Neck & Shoulder siap menjadi solusi praktis atasi pegal dan nyeri pada tengkuk dan pundak. Menarik dan unik kan?

Oh ya, selain NEO rheumacyl Liniment Neck & Shoulder tersedia juga varian lain yakni NEO rheumacyl Liniment Muscle & Joint untuk redakan pegal, nyeri otot & sendi dengan sensasi panas.

Mulai sekarang hadapi setiap serangan nyeri otot dan pegal-pegal yang menganggu aktivitas atau produktivitasmu dengan NEO rheumacyl Liniment Neck & Shoulder. Solusi praktis atasi pegal tanpa mengotori tangan.

Related Article

OTOT

Pegal-pegal saat bangun tidur Yuk simak alasannya

Pegal-pegal saat bangun tidur Yuk simak alasannya - Coba temukan posisi tidur yang tepat dan baik lewat tips berikut. ...

Read More

OTOT

Hati-hati Jangan sampai hal ini mengganggu pernikahanmu

Hati-hati Jangan sampai hal ini mengganggu pernikahanmu - Sebenarnya, rasa pegal yang mucul saat momen pernikahan bisa diminimalisasi dengan 4 ...

Read More

OTOT

Tips Bebas Pegal bagi yang Sering Naik Ojek

Tips Bebas Pegal bagi yang Sering Naik Ojek - Badan jadi lebih mudah pegal khususnya pada bagian punggung dan ...

Read More