Ini Alasan Mengapa Tidur Setelah Berolahraga itu Sehat

Ini Alasan Mengapa Tidur Setelah Berolahraga itu Sehat

19-April-2018
Share

Tidur yang berkualitas sangatlah penting untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh. Sebaliknya, kurang tidur akan menyebabkan inflamasi (peradangan) di beberapa bagian dalam tubuh dan meningkatkan hormon stres (kortisol). Hal serupa juga berlaku jika Anda baru saja berolahraga. Saat tubuh dalam keadaan lelah, maka Anda akan cenderung merasa mengantuk akibat adanya penumpukan asam laktat. Karena itu tidur cukup dan beristirahat setelah berolahraga sangat disarankan. Berikut manfaat lain yang Anda dapat saat tidur setelah berolahraga.

#1: Membangun Otot

Banyak orang yang langsung beraktivitas dan tidak membiarkan tubuh mereka beristirahat setelah berolahraga. Padahal tubuh perlu beristirahat dan tidur setelah berolahraga. Hal ini dikarenakan tubuh dan otot perlu menyembuhkan diri dari kelelahan dan membangun otot yang lebih kuat setelah digunakan pada waktu berolahraga.

#2: Menurunkan Inflamasi (Peradangan)

Pakar fitness trainer, Ashley Borden dalam mindbodygreen.com mengatakan, akan lebih baik jika Anda tidur setelah berolahraga. Hal ini dikarenakan banyak penelitian menunjukkan bahwa antara 6 hingga 8 jam tidur malam setelah berolahraga dapat membantu tubuh memperbaiki dirinya sendiri dan menurunkan inflamasi (peradangan) yang mungkin terjadi dalam tubuh.

#3: Tidur Meningkatkan Kualitas Olahraga

Tidak dipungkiri jika setelah melakukan olahraga tubuh akan merasa lelah bahkan cenderung lapar. Tubuh cenderung menginginkan makanan berkalori tinggi untuk mengisi kembali energi yang terkuras. Jika demikian, tidurlah! Dengan memilih tidur dibanding makan, tentunya dapat membantu tubuh untuk mencegah konsumsi kalori yang berlebihan!

#4: Sebagai Pemulihan Fisik yang Baik

Waktu tidur adalah saat yang penting bagi sebagai pemulihan fisik. Proses pemulihan fisik pada waktu tidur umumnya tidak langsung terjadi begitu seseorang terlelap, namun memerlukan beberapa jam setelahnya. Tidur setelah berolahraga selama 6 hingga 8 jam dapat meningkatkan produksi hormon endorfin yang dapat memperbaiki jaringan pemulihan tubuh. Dengan kata lain, tidur membantu seseorang untuk dapat berolahraga tanpa mudah lelah sehingga kualitas olahraganya pun meningkat.

Beragam manfaat tidur setelah olahraga ini tentunya dapat Anda aplikasikan dengan cara pemilihan waktu olahraga yang tepat. Karenanya berolahragalah pada waktu sore hari atau setelah pulang kerja. Nah, sebelum tidur dan setelah berolahraga jangan lupa oleskan NEO rheumacyl Cream yang efektif meredakan nyeri otot, nyeri sendi, keseleo dan pegal-pegal. Karena diformulasikan dengan tepat sehingga hangatnya pas, tidak lengket dan cepat diserap oleh kulit. Dijamin saat bangun tidur di pagi hari tubuh terasa fit dan fresh tanpa nyeri otot!

Related Article

OTOT

Obat Pereda Nyeri Otot yang Praktis untuk Traveling

Obat Pereda Nyeri Otot yang Praktis untuk Traveling - Pada akhirnya akan mengganggu keseruan perjalanan Anda. Agar bebas dari nyeri ...

Read More

OTOT

Obat Pereda Nyeri Otot untuk Ibadah Lancar

Obat Pereda Nyeri Otot untuk Ibadah Lancar - Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa Anda coba terapkan, cek tips ...

Read More

OTOT

4 Kebiasaan Sehari-hari yang Jadi Penyebab Sakit Pinggang

4 Kebiasaan Sehari-hari yang Jadi Penyebab Sakit Pinggang - Jika dibiarkan, masalah ini akan mengganggu kualitas hidup Anda. Coba perhatikan ...

Read More