Hati-hati, Ini Alasan Wanita Rentan Alami Sakit Pinggang

Hati-hati, Ini Alasan Wanita Rentan Alami Sakit Pinggang

30-November-2018
Share

Berbagai penelitian menunjukkan, wanita lebih sering mengalami sakit pinggang dan berbagai masalah otot serta persendian lainnya dibandingkan pria. Penyebabnya ada berbagai macam. Lima penyebab umum di bawah ini mungkin dapat menjawab pertanyaan Anda, khususnya para wanita tetang alasan Anda mengalami sakit pinggang.

Menurut dr. Diego Guerrero, Direktur Medis Manajemen Nyeri di Florida Hospital Celebration Health, regangan otot atau ligamen adalah salah satu alasan paling umum untuk sakit pinggang pada wanita. Hal ini dapat dialami oleh semua usia dan disebabkan oleh aktivitas mengangkat beban yang berat. Selain itu gerakan olahraga tertentu juga bisa menjadi penyebabnya.

Kemudian faktor kebiasaan sehari-hari adalah alasan yang paling lazim terjadi. Perempuan umumnya bekerja lebih lama daripada laki-laki. Mereka adalah orang pertama yang bangun dan terakhir tidur. Dari pengasuhan anak hingga pengorganisasian makanan, dan pemilahan urusan umum keluarga, mereka biasanya memainkan peran penting. Keausan pada sendi dan otot terlihat jelas. Sebagai wanita bekerja pun, kebanyakan wanita tidak lantas bebas dari tugas rumah reguler. Postur mereka umumnya buruk karena kelelahan dan pengerahan tenaga berlebihan.

Terakhir, tak bisa dipungkiri bahwa kehamilan dan mengasuh anak berperan besar dalam menyebabkan sakit pinggang. Berat bayi itu menyebabkan ketegangan luar biasa pada selangkangan dan punggung bawah. Tepat sebelum trimester akhir, tubuh mengeluarkan hormon yang menyebabkan keropos tulang di permukaan panggul dan punggung bawah. Hal ini membuat panggul lebih fleksibel sehingga kepala bayi dapat melewati korset panggul tanpa halangan apapun. Pada akhirnya sering menyebabkan sakit punggung tambahan. Saat bayi tumbuh, ibu juga harus sering menggendongnya, yang membuat banyak tekanan pada lengan, leher, punggung, dan pinggang.

Beberapa kiat untuk mencegah nyeri punggung dan cedera meliputi:

• Saat melakukan pengangkatan berat, tekuk lutut dan gunakan otot inti Anda.

• Lakukan hal-hal secara bertahap, alih-alih semuanya sekaligus. Misalnya ketika Anda memasukkan tas bawaan ke mobil, bawalah sedikit sedikit ketimbang harus mengangkutnya sekaligus (meskipun akhirnya Anda harus bolak-balik).

• Menjaga gaya hidup sehat. Diet yang seimbang, rendah kolesterol, rendah sodium disarankan.

• Olahraga! Berlari, berjalan kaki, dan bersepeda adalah jenis olahraga yang relatif aman untuk semua usia dan tidak membebani tubuh Anda secara berlebihan.

Jika Anda mengalami sakit pinggang, gunakan NEO rheumacyl Cream Hot yang dapat memberi solusi praktis bagi nyeri otot, nyeri sendi, dan pegal-pegal yang dialami akibat aktivitas sehari-hari.  Memberikan sensasi panas yang tidak lengket dan cepat meresap dengan kandungan Methyl Salycilate, Menthol, Camphora dan Eugenol  yang efektif redakan nyeri otot, nyeri sendi, dan pegal-pegal.

Related Article

OTOT

Ini Alasan Mager Bisa Jadi Penyebab Sakit Pinggang

Ini Alasan Mager Bisa Jadi Penyebab Sakit Pinggang - Padahal, mager adalah salah satu hal yang dapat menyebabkan Anda sakit ...

Read More

OTOT

Gerakan Olahraga ini yang Bikin Anda Terhindar dari Sakit Pinggang

Gerakan Olahraga ini yang Bikin Anda Terhindar dari Sakit Pinggang - tanpa perlu khawatir mengalami sakit pinggang, justru gerakan-gerakan berikut ...

Read More

OTOT

Tanda Kram Otot Harus Diwaspadai

Tanda Kram Otot Harus Diwaspadai - Kram atau kejang otot sebenarnya cukup lazim terjadi. Walau tidak nyaman dan bahkan terasa ...

Read More