Gerakan Olahraga ini yang Bikin Anda Terhindar dari Sakit Pinggang

Gerakan Olahraga ini yang Bikin Anda Terhindar dari Sakit Pinggang

29-November-2018
Share

Anda pasti sepakat bahwa olahraga adalah salah satu cara untuk membuat tubuh tetap bugar. Otot dan persendian yang lentur karena terbiasa berolahraga akan meminimalisir rasa sakit di berbagai bagian tubuh. Meskipun demikian, beberapa orang sering menghidari olahraga memiiki keluhan fisik tertentu, misalnya sakit pinggang. Padahal ada berbagai gerakan olahraga yang dapat Anda coba tanpa perlu khawatir mengalami sakit pinggang, justru gerakan-gerakan berikut dapat mencegah munculnya sakit pinggang.

Plank

Buat posisi seperti merangkak, kemudian luruskan kedua kaki Anda ke belakang. Angkat dan tahan tubuh, jadikan jari-jari kaki dan lengan bawah Anda sebagai penopang berat badan. Tahan selama 10 hitungan, kemudian tingkatkan menjadi 15, kemudian 20 dalam beberapa hari.

 

Stability Ball Back Extension

Letakkan gymnastic ball di bawah perut dan dada Anda dan posisikan kedua tangan di belakang telinga. Kemudian angkat tubuh bagian atas dan kepala Anda., ulangin sebanyak 10-20 hitungan. Gerakan ini dapat memperkuat pinggang dan tubuh bagian atas Anda tanpa membuat pinggang terbebani. (gambar: runnersworld.com)

 

Stability Ball Pike

Meningkatkan sedikit level kesulitan gerakan—namun masih menggunakan gymnastic ball. Posisikan diri Anda seperti hendak merangka. Tempatkan gymnastic ball di belakang Anda, namun tidak terlalu jauh sehingga dapat Anda jangkau. Dengan satu kaki, tarik gym ball mendekat dan naikkan ujung-ujung jari kaki Anda ke atasnya. Setelah posisi tubuh seimbang (kaki lurus bertumpu pada gym ball. Bahu dan lengan lurus menahan bobot tubuh di lantai). Hanya dengan kaki, tarik gym ball mendekati Anda kemudian luruskan lagi, ulangi sebanyak 10 hitungan. Gerakan ini berfungsi menambah elastisitas pinggang.

 

Locust Pose

Posisikan diri Anda tengkurap di atas yoga mat, atau bidang lain yang datar. Beri sedikit jarak antara kedua kaki. Tempatkan kedua tangan di samping tubuh denhan posisi telapak tangan menghadap ke lantai. Angkat tubuh bagian atas dan tangan (namun posisi tangan tetap lurus untuk menjaga keseimbangan tubuh), jatuhkan kembali ke lantai, angkat lagi, dan terus ulangi hingan 10-15 hitungan.

Lakukan gerakan-gerakan di atas secara teratur untuk hasil maksimal. Semua gerakan tadi berfokus untuk memperkuat pinggang dan bagian tubuh atas. Dengan menambah kekuatan dan fleksibilitas di otot di bagian tersebut, risiko sakit pinggang dapat diperkecil. Jika sakit pinggang terjadi atau Anda mengalami nyeri selama masa latihan (bisa jadi karena Anda belum terbiasa!), oleskan saja NEO rheumacyl Cream Hot yang dapat memberi solusi praktis bagi nyeri otot, nyeri sendi, dan pegal-pegal yang dialami akibat aktivitas sehari-hari.  Memberikan sensasi panas yang tidak lengket dan cepat meresap dengan kandungan Methyl Salycilate, Menthol, Camphora dan Eugenol  yang efektif redakan nyeri otot, nyeri sendi, dan pegal-pegal.

Related Article

OTOT

Ini Alasan Mager Bisa Jadi Penyebab Sakit Pinggang

Ini Alasan Mager Bisa Jadi Penyebab Sakit Pinggang - Padahal, mager adalah salah satu hal yang dapat menyebabkan Anda sakit ...

Read More

OTOT

Hati-hati, Ini Alasan Wanita Rentan Alami Sakit Pinggang

Hati-hati, Ini Alasan Wanita Rentan Alami Sakit Pinggang - Lima penyebab umum di bawah ini mungkin dapat menjawab pertanyaan Anda, ...

Read More

OTOT

Tanda Kram Otot Harus Diwaspadai

Tanda Kram Otot Harus Diwaspadai - Kram atau kejang otot sebenarnya cukup lazim terjadi. Walau tidak nyaman dan bahkan terasa ...

Read More