...

5 Langkah Cepat Atasi Tubuh Pegal Linu dan Kecapaian

07-March-2017
Share

Ada banyak hal yang bisa bikin tubuh terasa pegal linu dan kecapaian. Bisa karena olahraga, bisa juga karena telah melakukan aktivitas yang itu-itu saja dalam waktu lama, seperti duduk di depan meja kerja. Kalau sudah begini, mau bergerak pun malas karena sekujur tubuh terasa nyeri. Eits, jangan sampai ini pegal dan kecapaian mengganggu sisa hari Anda! Lakukan 5 langkah ini agar masalah pegal linu dan kecapaian cepat hilang :

1. Asup menu berprotein
Makanan dan minuman berprotein yang dikonsumsi mulai 15 menit setelah aktivitas dapat membantu meregenerasi sel-sel dalam jaringan otot yang cedera. Agar perut tidak "kaget", asuplah cemilan atau makanan dalam jumlah kecil saja. Kacang-kacangan, jamur tiram crispy, onigiri salmon, apalagi ditemani susu atau yogurt akan mempercepat pemulihan otot Anda. Jika Anda lebih suka buah-buahan, pisang yang tinggi kalium juga bisa memberi efek serupa.

2. Istirahat
Rasa nyeri dan kelelahan adalah respon tubuh yang alami. Bisa dibilang ini adalah alarm tubuh agar kita berhenti melakukan aktivitas yang bikin sakit ini. Jika tubuh sudah benar-benar menyerah, dengarkanlah alarm tubuh ini dan segeralah beristirahat. Jika tubuh terus dipaksa berolahraga atau melakukan aktivitas yang sama bisa jadi kesehatan Anda akan bermasalah. Anda bisa cedera bahkan mengalami gangguan tertentu yang bisa bersifat permanen.

3. Kompres dengan es
Cara cepat untuk mengatasi cedera otot adalah dengan mengompres es pada bagian yang cedera. Hal yang sama juga bisa dilakukan pada kondisi linu atau nyeri. Lapisi es dengan handuk kecil dan kompres bagian tubuh yang terasa pegal. Namun sayangnya langkah ini kurang praktis, apalagi kalau Anda tidak bisa menemukan es batu. Anda bisa dengan mudah menggantinya dengan NEO rheumacyl Anti Inflammation yang mengandung komposisi tepat untuk mengurangi bengkak, meredakan nyeri pada otot dan sendi. Karena kemasannya mudah Anda bawa ke mana-mana, jika sakit Anda bisa langsung mengoleskannya sebagai ganti kompresan es yang tak praktis!

4. Angkat bagian tubuh yang pegal
Untuk mengurangi bengkak, Anda bisa menempatkan bagian pegal di atas ketinggian jantung. Seperti jika kaki Anda bengkak, Anda bisa berbaring dan menyangga kaki Anda dengan bantal agar lebih tinggi dari jantung Anda.

5. Pemijatan (deep tissue massage)
Dengan pijatan yang tepat, rasa pegal pasti akan berkurang. Lakukan deep tissue massage mulai dari bagian atas dan bawah area yang sakit lalu perlahan berikan tekanan ke dalam otot yang sakit. Teknik deep tissue massage yang dilakukan oleh tenaga profesional bisa mempercepat pengurangan komponen kimiawi alami penyebab bengkak di area tubuh yang pegal.

Related Article

OTOT

Pegal-pegal saat bangun tidur Yuk simak alasannya

Pegal-pegal saat bangun tidur Yuk simak alasannya - Coba temukan posisi tidur yang tepat dan baik lewat tips berikut. ...

Read More

OTOT

Hati-hati Jangan sampai hal ini mengganggu pernikahanmu

Hati-hati Jangan sampai hal ini mengganggu pernikahanmu - Sebenarnya, rasa pegal yang mucul saat momen pernikahan bisa diminimalisasi dengan 4 ...

Read More

OTOT

Tips Bebas Pegal bagi yang Sering Naik Ojek

Tips Bebas Pegal bagi yang Sering Naik Ojek - Badan jadi lebih mudah pegal khususnya pada bagian punggung dan ...

Read More