Trik ala My Trip My Adventure untuk Waspadai Kram Otot Saat Naik Gunung

Trik ala My Trip My Adventure untuk Waspadai Kram Otot Saat Naik Gunung

13-March-2018
Share

Buat para pecinta kegiatan mendaki gunung, takut akan terjadinya kram dan nyeri otot saat sedang melakukan pendakian pasti menjadi hal patut diwaspadai. Hal ini wajar, mengingat aktivitas pajat tebing atau naik gunung membutuhkan kondisi badan yang fit dan bugar.

Karenanya NEO rheumacyl yang saat ini sedang mengadakan kegiatan #JelajahiNegeriku bersama program My Trip My Adventure (MTMA) di Trans TV akan membagikan tips dan trik yang Anda perlukan sebelum naik gunung. Nah mau tau kiat-kiatnya kan? Simak dan catat penjelasannya dibawah ini ya!

Kiat #1: Pemanasan dan Latihan Teratur

Mengingat kegiatan naik gunung merupakan aktivitas fisik yang cukup berat (terutama bagi yang baru pertama kali mencoba) sebaiknya mulailah rajin berolahraga dulu seperti berlari, jalan cepat dan angkat beban serta pernapasan. Sebab, semakin tinggi gunung yang ingin kamu daki, semakin tipislah persediaan oksigennya. Selain itu saat menaiki gunung kamu akan menempuh jalan yang panjang, jauh dan terjal. Latihan angkat beban diperlukan guna menjaga ketahanan fisik dan ototmu, saat kamu diharuskan memikul tas yang berisikan perlengkapanmu selama mendaki dan tidur di kaki gunung.

Kiat #2: Nutrisi yang Cukup

Selain berlatih dan olahraga yang teratur, Anda sebaiknya juga berlatih untuk memakan bahan makanan yang mengandung nutrisi dan rendah kalori guna memaksimalkan energi dan stamina. Hal ini dikarenakan otot memerlukan sejumlah senyawa vitamin dan mineral penting seperti potasium, magnesium, kalsium, seng, fosfor, zat besi, elektrolit, serta vitamin B dan E. Mulailah kurangi junk food, kopi, alkohol dan rokok atau kebiasaan asupan yang kurang memenuhi kesehatan. Perbanyak meminum air putih, sari buah, kacang rendah kalori dan suplemen atau vitamin.

Kiat #3: Harus Membawa Krim Otot

Kedua kiat tersebut selain berguna melatih ketahanan fisik juga untuk menjaga kesehatan otot dan persendian Anda loh! Karena dengan rutin melakukan kiat-kiat tersebut, potensi terserang otot kaget atau kram akan dapat berkurang. Namun jangan lupakan untuk senantiasa membawa krim otot dalam perlengkapan P3K Anda untuk mengobati kram otot yang kemungkinan terasa tiba-tiba.  Gunakan NEO rheumacyl Cream pada bagian yang mengalami kram otot untuk meredakan nyeri otot, nyeri sendi & pegal sehingga pergerakan menjadi lancar kembali. Karena NEO rheumacyl Cream itu Cepat meresap, tidak lengket & hangatnya tahan lama, Anda juga wajib membawa perlengkapan P3K lainnya.

Kiat #4: Sediakan Air mineral dan Minuman Elektrolit

Tekanan berat yang terus menerus dalam waktu lama, ditambah cuaca dingin, kurang cairan, serta pada saat yang bersamaan otot kurang mendapat suplai oksigen juga elektrolit. biasanya menjadi faktor utama penyebab kram otot. Selain itu, adanya perubahan ritme tekanan seperti berdiri dan berjalan dalam waktu lama, kemudian tiba-tiba beristirahat dan jongkok atau duduk mendadak juga dapat meyebabkan kram otot. Karenanya, jangan pernah berani mendaki tanpa persediaan air yang cukup!

Kiat #5: Atur Kecepatan Mendaki

Nikmati proses pendakian dan jangan terburu-buru ingin mencapai puncak. Sebab, jika denyut jantung terpacu lebih cepat secara tiba-tiba dibanding biasanya, maka otak akan memerintahkan pelepasan asam laktat ke otot untuk mencegah kerusakan otot. Penumpukan asam laktat berlebihan di otot inilah penyebab rasa pegal pada otot beberapa saat setelah aktivitas berat misalnya mendaki gunung. Selain itu jaga cairan tubuh dan oksigen yang makin menipis pada ketinggian tertentu dapat menimbulkan komplikasi yang fatal seperti kesulitan bernapas.

Kiat #6: Lakukan Pendinginan

Setelah menempuh perjalanan panjang dan melelahkan hingga akhirnya menuju puncak, sebaiknya sempatkan diri Anda melakukan pendinginan. Ritme memulai pendakian gunung dengan pemanasan dan mengakhirinya dengan gerakan pendinginan dapat memberikan dampak positif kesehatan, kenyamanan dan keseimbangan tubuh yang maksimal.

Agar rencana mendaki gunung sukses, sebaiknya ikuti kiat-kiat tersebut serta mulai lakukan latihan dan olahraga rutin 3 hingga 1 bulan sebelum mendaki. Nah, bagi Anda yang ingin traveling bareng NEO rheumacyl dan MTMA yuk ikuti kompetisi #JelajahiNegeriku dan menangkan hadiah utama jalan-jalan dan shooting bareng My Trip My Adventure (MTMA) di Trans TV untuk 2 orang pemenang. Untuk info lebih lanjut, jangan lupa cek detail syarat dan ketentuannya ya. NEO rheumacyl tunggu keikutsertaan Anda segera, selamat mencoba!